Rabu, 07 Agustus 2019

MENGHIJAUKAN BUMI DENGAN RUMUS “5R 1O”


108068678

 Di era industri global seperti sekarang kerusakan alam bukan lagi hal yang aneh. Penebangan pohon yang tanpa terkendali, penimbunan danau untuk lahan industri, dan bukit-bukit hijau yang diratakan dengan berbagai alasan menjadi pemandangan yang biasa di seluruh dunia.
Dampak dari tindakan tersebut mewariskan berbagai bencana global kepada generasi penerus di masa mendatang. Suhu yang semakin panas, sulitnya mendapatkan sumber air bersih dan bencana alam adalah sebagian dari dampak yang dirasakan.
Patut disyukuri sebagian orang sekarang mulai menyadari akan bahaya pemanasan global. Rasa sadar ini diwujudkan dengan adanya gerakan “Go Green” untuk menyelamatkan bumi.
“Go Green”, berupa aktivitas sehari-hari yang diyakini bisa menyelamatkan bumi dari kehancuran. Konsepnya sederhana, hanya dengan rumus 5R 1O. Pertama, Refuse atau menolak semua barang yang tidak ramah lingkungan. Kedua, Reduce yaitu menggunakan segala sesuatu seperlunya. Ketiga, Reuse yaitu menggunakan kembali barang bekas yang masih layak dan berfungsi sama. Kemudian, Recycle, mendaur ulang. Lalu, Rethink, yaitu mengubah kebiasaan lama yang merusak lingkungan. Terakhir, Otarki yaitu mlakukan penghijauan bisa dilakukan mulai dari pekarangan rumah.
Semoga dengan rumus 5R 1O ini dunia akan kembali hijau. (EC-Socius)