Minggu, 22 September 2019

Coretan Ringan : Kastil Praha Sebagai Istana Kepresidenan Republik Ceska


oleh Prof. Dr. H. Dadan Wildan, M.Hum


Sebagaimana kota kota tua di Eropa, Praha juga memiliki kastil yang megah. Kastil Praha  merupakan salah satu kastil terbesar di dunia yang sebagian bangunannya difungsikan sebagai Istana Kepresidenan Republik Ceska. Kastil yang terletak di perbukitan ini seluas 700 ribu meter persegi.


Kompleks ini dibangun pada abad ke-9 hingga abad ke 14. Istana kerajaan ini didesain dengan gaya gotik yang dikelilingi benteng kokoh.

Di kompleks kastil ini, terdapat beberapa bangunan monumental yang megah, gaya arsitektur yang khas, serta ornamen yang detil seperti bangunan Chruch of Saint Virgin, Basilica of Saint George, dan Saint Vitus Cathedral.


Kastil ini berdiri megah di atas sebuah bukit di sepanjang tepi kiri Sungai Vltava. Kastil ini tidak seperti kastil lainnya di Eropa, karena bangunannya lebih  secara horizontal daripada vertikal. Perlu cukup waktu beberapa jam untuk mengitari kastil ini, dengan jalan turun naik. Namun menyujuhkan pemandangan kota Praha dari atas bukit yang eskotik.


Praha, Ceska. 22 September 2019


* Prof. Dr. H.Dadan Wildan, M.Hum., Deputy Mensesneg RI & Ketua IKA Sejarah UPI


Catatan:

Tulisan ini dibuat Prof. Dr. H.Dadan Wildan, M.Hum disela-sela kesibukan tugas resmi dan Socius mendapat izin  langsung dari beliau untuk mempublikasikan