Selasa, 01 Oktober 2019

Belajar bersama guru-guru Terluar dan Terdepan

oleh Wjaya, M.Pd. 

Ketua PP FKGIPS Nasional PGRI


Segeram, Kemendikbud, PGRI dan IKASTARA mengadakan kegiatan bakti Nusantara ke 4 di Segeram Kelurahan Sedanau Kecamatan Bunguran Barat Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau. Salah satu rangkaian kegiatan diawali dengan peresmian Gedung SMPN Satu Atap 3 Bunguran Barat pada 18 September 2019 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dilanjutkan dengan pelatihan peningkatan kompetensi guru termasuk penguatan kurikulum 2013 yang diikuti 100 orang guru dari 3 kecamatan di Natuna, 58 guru sekolah dasar dan sisanya guru SMP dan SMA.

Wjaya, MPd.

Bakti Nusantara dilaksanakan pada 22-25 September 2019. Selain kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi guru yang menitikberatkan pada kompetensi pedagogik dengan narasumber dan instruktur Nasional, diantaranya: Dudung Abdul Qadir, Wijaya, Elis dan Dyah S dengan penekanan penguatan materi K13 yang aplikatif, inspiratif dan partisipatif.

Mengalir motivasi dan inspirasi mengajar yang memerdekakan dari para narasumber. Seluruh peserta antusias dan partisipatif dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Senyum, tawa dan semangat terpancar dari pahlawan pendidikan yang berada di daerah 3T. 

Bersinergi memaksimalkan semua potensi yang ada dalam keterbatasan, untuk mencetak generasi yang menjadi garda terdepan menjaga kedaulatan wilayah terluar dan terdepan. Tanpa sarana prasarana yang memadai, aliran listrik dan sinyal telepon para peserta tetap semangat bertugas dan mengupgrade dan mengupdate kompetensi.


Menurut Wijaya, Narasumber yang juga menjabat Ketua Umum PP FKG IPS Nasional PGRI, selain kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi guru. Bakti Nusantara dirangkaikan dengan kegiatan literasi, kemah perdamaian, donor darah, pengobatan dan operasi gratis. Termasuk pemberian bantuan 20 unit notebook kepada pihak SMPN Satu Atap 3 Bunguran Barat. PGRI, Kemendikbud dan IKASTARA terus bergerak membangun sumber daya unggul menjangkau daerah 3T menuju Indonesia maju.
(Wijaya-Socius)