Jumat, 14 Februari 2020

Berpikir Positif Itu Keren

oleh Daner Purba
(SMPN Satu Atap Sarang Elang Muaro Jambi,  Provinsi Jambi) 

Kutatap sinis beberapa ibu, om, dan tante-tante yang berdiam di desa tempatku bertugas. Sejak pukul 12.00 WIB sampai malam menjemput sang siang kelihatannya mereka asik dengan hidup santuy-nya (santai). Artinya mereka tidak pergi ke kebun atau ke tempat lainnya untuk mencari nafkah sejak jam 12.00 WIB.

Menyaksikan pemandangan yang tidak biasa begitu muncul pikiran negatif di benakku, 
"Gimana mau maju,  wong hidupnya santuy (santai) dan agak malas, sih". batinku. 

Waktu terus melaju, sedikit demi sedikit aku mulai bertegur sapa degan mereka, bercerita tentang perjuangan, pengalaman,  tekanan dan  gaya hidup  serta hal-hal lain yang bisa dan terbiasa hidup. (Oufss,  kudu positif yoo) 

Sungguh,  aku terkejut dan terheran-heran ternyata sebagian dari penduduk desa tersebut  bahkan bekerja melebihi dosis yang dianjurkan. Rajinnya keterlaluan. 

Mereka sering menyebutnya dengan istilah  "Nyuluh",  yakni menyadap karet di subuh yang dinginnya menusuk tulang. Biasanya sejak pukul 03.00 WIB sampai menjelang siang, dengan mengikat senter di kepala sebagai penerangan dan pisau deres yang siap melukai kulit pohon karet. Mereka berjalan menyusuri perkebunan karet yang gelap. Semak belukar yang menyisihkan embun dingin dan binatang buas  yang bisa saja menyerang menjadi tantangan lain yang harus ditaklukkan. 

Jika keberuntungan tidak berpihak, bisa saja hujan tiba-tiba turun dan menghancurkan tetesan demi tetesan getah karet yang belum membeku secara utuh alias gagal panen. 

Ternyata anggapan awalku yang mengganggap beberapa dari  mereka terlalu santai salah.  Mereka adalah orang-orang rajin yang sedang berjuang untuk hidup lebih baik. Sebagian dari mereka bahkan ada yang ke kebun lagi setelah nyadap subuh dan menghimpun energi. 

Hikmah dari semua ini,  aku harus mulai berpikir positif pada semua hal.  Jauhkan diri dari pandangan negatif.  Berpikir positif itu keren,  karena akan memberi energi positif pada diri  semua hal. 

#Jantung_Sumatera
#Jambi
#Berpikir_Positif