Sabtu, 15 Februari 2020

Guru Pendamping KSN IPS di Latih di Cimahi



Cimahi.Socius (15/2). Lebih dari 120 guru IPS calon pendamping dalam Kompetisi Sain Nasional (KSN) mata pelajaran IPS tahun 2020 antusias mengikuti pelatihan bertajuk “Pelatihan Pendamping KSN IPS.” Kegiatan ini hasil kerjasama PW FKGIPS PGRI Jawa Barat, Pengurus Daerah FKGIPS PGRI Kota Cimahi dan MGMP IPS  Kota Cimahi ini dilaksanakan di kampus STKIP Pasundan Cimahi.

Peserta yang berasal dari berbagai kota di Jawa Barat ini mendapat pencerahan dari nara sumber, Wildan Insan Fauzi, M.Pd, dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Menurut Wildan, satu kesalahan terbesar guru-guru dalam melatih siswa calon peserta KSN cenderung hanya memberikan soal yang sifatnya hapalan padahal soal-soal KSN tidak hanya berupa hapalan, tapi berupa soal  yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Untuk itu siswa perlu dilatih dengan metode memorizings, sinektik, kosep dan mind map.

Untuk memperoleh hasil yang terbaik dalam KSN menurut dosen muda yang akrab disapa Wildan ini diperlukan manajemen khusus agar mendapatkan hasil yang terbaik. Manajemen khusus yang perlu dibuat meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. 

Lebih lanjut nara sumber yang juga tim pelatih KSN Provinsi Jawa Barat ini memaparkan proses pembinaan OSN IPS. Menurutnya dapat dilakukan pada sesi materi dan diskusi soal. Sesi materi akan ditekankan pada materi yang tidak terdapat pada silabus yang diajarkan di sekolah, sedangkan untuk materi yang terdapat pada silabus yang diajarkan di sekolah hanya berupa penjelasan singkat dan review saja. Sesi diskusi soal akan diisi dengan pembahasan contoh-contoh soal OSK, OSP dan OSN yang bersesuaian dengan materi yang sedang dibahas.


Sementara itu, Enang Cuhendi selaku ketua Pengurus Wilayah FKGIPS PGRI Jawa Barat menyambut gembira terlaksananya kegiatan ini. Ia memandang positif kerjasama yang dilakukan FKGIPS dengan MGMP IPS. Menurutnya ini membuktikan bahwa antara FKGIPS dengan MGMP IPS bukan pesaing atau kompetitor, tetapi keduanya hadir untuk saling melengkapi sisi ruang kosong yang ada dalam peningkatan kompetensi guru IPS.

Fadila Laili F. Raih Peringkat Satu Try Out IPS

Pada kesempatan yang sama, sekira 528 siswa mengikut uji coba atau try out KSN. Mereka datang dari berbagai SMP di Jawa Barat. Peserta terbanyak datang dari Kota Cimahi selaku tuan rumah. Sisanya berasal dari Kota Bandung, Kab, Bandung, KBB, Garut, Sumedang dan eberpa daerah lainnya.

Menurut Dedy Supriatna, selaku ketua paniti, pada kegiatan yang terselenggara berkat kerjasama FKGIPS, MGMP IPS Kota Cimahi dengan Bimbel Neutron ini nilai tertinggi diraih oleh Fadila Laili F dari SMPN 6 Kota Cimahi. Kedua dan ketiga masing-masing diraih oleh Elfrida Fathinah S dari SMPN 1 Purwakarta dan Muhammad Ibrahim dari SMPN 6 Kota Cimahi. Peserta terbaik memperoleh pila dan sertifikat. (EC Socius)