Minggu, 01 Maret 2020

Outing Class MGMP IPS Cimahi ke Purwakarta



Socius.(29/2) Akhir pekan kemarin sejumlah 49 guru IPS SMP yang tergabung dalam wadah MGMP IPS dan FKGIPS IPS Kota Cimahi mengikuti outingclass dan studi banding ke Purwakarta. Target studi banding ini MGMP IPS & FKGIPS Kab. Purwakarta dan SMPN 1 Purwakarta.

Menurut Dedi Supriatna selaku ketua MGMP IPS Kota Cimahi kegiatan ini selain untuk memperat Silaturahmi sesama anggota dalam situasi yang rilek jauh dari keadaan formal, juga untuk meningkatkan profesionalitas guru dengan cara menyeimbangkan  wawasan pengetahuan dan pengalaman di lapangan baik kajian IPS maupun keorganisasian

Lebih lanjut Dedi yang juga Wakil Sekretaris PW FKGIPS PGRI Jawa Barat ini berharap melalui kegiatan ini peserta bertambah wawasannya sebagai bekal yg akan di terapkan di sekolah masing masing, bisa merefresh diri dari kejenuhan sehingga bisa menambah semangat dalam kegiatan KBM dan menambah wawasan dan memberikan ide berbagai kegiatan dalam bidang keorganisasian baik di MGMP maupun FKG IPS.

Kedepannya ia berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan jangkauan wilayah yang lebih luas mengingat  banyak nilai positif dari kegiatan tersebut.

Lokasi yang dikunjungi meliputi SMPN 1 Purwakarta sebagai tempat study banding MGMP dan FKG IPS, Museum Diorama dan Museum Nusantara serta Wisata Religi Tajug  Gede Cilodong Purwakarta.

Kegiatan ditutup dengan seremonial ucapan terima kasih kepada ketua MGMP lama, Iwan Irawan, yang telah mengakhiri masa baktinya sebagai pengurus MGMP bertempat di Resto n Cafe Kampung Empang Purwakarta.

Para peserta menilai penerimaan yang sangat luar biasa, familier dan hangat dilberikan oleh tuan rumah.  Selain di terima oleh para pengurus MGMP IPS Purwakarta juga di terima langsung oleh pengawas pembina MGMP IPS yang juga kordinator pengawas Kab.  Purwakarta. Begitu juga di tempat kunjungan yang lain peserta di terima dan difasilitas dengan baik oleh Kadis Kearsipan dan Sekdis Pendidikan kab Purwakarta.

Rahmah Rini Saparini selaku ketua MGMP IPS Kab. Purwakarta sangat terkesan dengan kegiatan ini.  Ia merasa senang  bisa bersilaturahim dengan MGMP IPS  Cimahi, saling sharing kegiatan MGMP. Harapanya dari kegiatan berbagi informasi ini bisa menerapkan kegiatan yang positif yang belum dilaksanakan di Purwakarta.

Lebih lanjut bu guru yang akrab disapa Rini ini berharap kedepannya kegiayan seperti ini bisa terus berlanjut dengan mengadakan kegiatan bersama tidak hanya Purwakarta Cimahi tapi Jawa Barat. (EC-socius)