Minggu, 05 April 2020

24 CARA SUKSES MEMBELAJARKAN IPS


Oleh Enang Cuhendi
 IPS adalah pelajaran yang membosankan dan hanya hapalan yang tidak penting. IPS pelajaran keas II yang buktinya tidak masuk Ujian Nasional. Belajar IPS hanya membuat siswa mengantuk. Stigma-stigma seperti iti seolah sudah menempel dan ditempelkan dalam pembelajaran di setiap sekolah. Benar atau tidak tentunya realitanya sebagian peserta didik kita kesan terhadap IPS tidak jauh dari itu.  
Hal ini tentunya tidal bisa dibiarkan. Guru IPS dituntut untuk mecari solusinya. Ya, hanya guru IPS sendiri yang harus mencari solusinya, bukan yang lain dan kita tidak bisa berharap kepada yang lain. Langkah solusit dan kreatif yang bisa membawa pada kesuksesan dalam membelajarkan IPS mutlak harus dilakukan. Sukses yang tentunya tidak hanya diukur oleh angka-angka raihan hasil tes, tetapi juga senyuman manis sampai tertawa lepas tanda asyik belajar IPS.
Terdorong oleh permasalahan tersebut, rekan-rekan guru IPS yang tergabung dalam Socius writers Team mencoba untuk berbagi pengalaman melalui tulisan tentang bagaimana sukses membelajarkan IPS. Tentunya ini hanya langkah kecil sebagai alternatif jawaban solusi kraetif yang menjadi tuntutan tadi. Semuanya hasil best practise tiap guru yang tentunya bukan Cuma teori, tetapi real pernah dipraktekan langsung dan terbukti hasilnya. Kemudian tidak semua solusi ang disajikan hanya mengandalkan teknologi dan berbiaya mahal, tetapi ada juga solusi yang berbiaya murah bahkan ada yang tanpa biaya.
Tim Socius Writers yang merupakan gabungan guru-guru IPS dari seluruh Indonesai berbagi aneka cara dan metode dalam meraih sukses membelajarkan IPS. Ada yang berbagi meraih senyum dengan lab IPS. Meningkatkan motivasi melalui metode MIKir, Kartu Mak Comblang, Ular Tangga, Post to Post, Hiking, Market Place, Koreksi Antar Teman, Setoran, pemanfaatan media dan TIK, yel-yel IPS, dan sebagainya. Semua diuraikan dalam buku antologi tulisan Sukses Membelajarkan IPS.
Sukses Membelajarkan IPS dalam pandangan Wijaya, M.Pd., Ketua Umum PP FKGIPS Nasional PGRI, merupakan salah satu khazanah buku-buku bergizi dan layak untuk dikonsumsi oleh para pendidik. Menurutnya praktik baik dan syarat akan pengalaman menjadi nilai lebih yang pantas untuk diambil dan diterapkan. Menjadi sebuah referensi pedagogik terkait tugas pokok dan fungsi sebagai pendidik.
Penilaian lain datang dari Dr. Dra. Dyah Ayunda, M.Pd. Menurut pengawas di Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar ini, “Pengalaman yang dibagikan dalam buku ini merupakan langkah nyata dalam menerapkan konstruktivisme dan merdeka belajar. Semoga buku ini bisa menginspirasi guru-guru IPS yang lain untuk berbuat yang sama bahkan lebih baik lagi.”
Dr. Dudung Nurullah Koswara, M.Pd. Ketua PB PGRI memberikan penilaian khusus. Menurut praktisi pendidikan yang juga penulis produktif ini buku Sukses Membelajarkan IPS, adalah sebuah ekspresi guru merdeka dari rumpun IPS. Menurutnya mereka genuine sebagai guru penggerak yang sudah hadir bertahun-tahun sebelum Mendikbud Nadiem Makarim menggagas “Guru Penggerak”. Mereka punya kebanggaan profesi, gagasan, metode dan model pembelajaran IPS yang telah berhasil diwujudbuktikan dalam proses pembelajaran dan pengembangan profesi.
Bagi sahabat guru IPS hebat yang berniat memiliki buku Sukses Membelajarkan IPS bisa pre order dari sekarang sampai satu minggu kedepan, Buku akan dicetak terbatas dengan harga Rp65.000,00 belum termasuk ongkir. Silakan hubungi penulis advertorial ini di WA 081220699119 atau kepada tim penulis yang sahabat kenal di daerahnya masing-masing.
Tim Penulis Sukses Membelajarkan IPS:
Jawa Barat:
Enang Cuhendi, Didin Sehabudin, Nia Kania Dewi, Lilis Saidah, Yanuar Iwan, Atjih Koerniasih, Sitti Aisyah dan Yayah Suhayah
Jawa Timur:
Sulistyowati, Susiani Setyaningsih, dan Endang Purwaningsih
Jambi :
Sugiyanto, Desriyenti, Rina Kastori, Junrotun, Rizki Mega Saputra, Taruna Yotatulu, Eliza Setyawati
Sumatera Barat:
Efrizal, dan Anifa Yulia
Riau:
Mayarsi dan Rosnani
Sumatera Selatan:
Erni Melati Sari
Kalimantan Tengah:
Seno Sudrajat