Rabu, 08 April 2020

GURU HEBAT BERBASIS IT DALAM KONDISI PANDEMI COVID 19

Oleh : Dinna Damayanti, Guru SMPN 5 Tualang Kab. Siak

Pendidikan merupakan wadah yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak dan  mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuanya peserta didik nantinya dapat mengembangkan potensi nya menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Dalam mewujudkan tujuan pendidikan dibutuhkan sosok yang mampu menjadi tumpuan proses pendidikan itu. Guru merupakan sosok yang dibutuhkan dalam mewujudkan tujuan tersebut. Sebagai tenaga profesional yang bertugas dalam mengajar, mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi para peserta didik sehingga sosok guru dibutuhkan dalam dunia pendidikan.

Guru adalah pendidik dan  menjadi salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan. Hal ini dikarenakan guru merupakan titik sentral didalam tenaga kependidikan yang berhubungan langsung dengan peserta didik sehingga dijadikan sebagai tauladan bagi peserta didik. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan sangat ditentukan oleh kesiapanya dalam mempersiapkan  proses pembelajaran. Oleh karena itu, untuk melaksanakan tugas sebagai guru, tidak sembarang orang dapat menjalankannya. Sebagai seorang pengajar yang baik harus memenuhi berbagai persyaratan.
Menurut Undang-Undang RI No 14 Tahun 2005 terdapat lima syarat yang harus dipenuhi, yaitu :

  1. Memiliki Kualifikasi Akademik, artinya ijazah jenjang pendidikan akademik yang harus dimiliki oleh seorang guru sesuai dengan jenis, jenjang, dan satuan pendidikan formal di tempat penugasan. Ijazah yang harus dimiliki guru adalah ijazah jenjang Sarjana S1 atau Diploma IV sesuai dengan jenis, jenjang, dan satuan pendidikan atau mata pelajaran yang diampunya sesuai dengan standar nasional pendidikan.
  2. Memiliki Kompetensi, artinya memiliki seperangkat pengetahuan, ketrampilan, dan perilaku yang harus dikuasai oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Kompetensi guru tersebut meliputi, kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial.
  3. Memiliki Sertifikat Pendidik, artinya harus memiliki sertifikat pendidik yang ditandatangani oleh perguruan tinggi sebagi bukti formal telah memenuhi standar profesi guru melalui proses sertifikasi.
  4. Sehat Jasmani dan Rohani, artinya harus memiliki kondisi kesehatan fisik dan mental yang memungkinkan guru dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.
  5. Memiliki Kemampuan untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional, yaitu mengembangkan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menjadi warga negara demokratis serta bertanggungjawab.

Pada kondisi sekarang ini dimana adanya penyebaran Virus COVID 19 sangat mempengaruhi dunia pendidikan,  Guru ditutut agar dapat tetap melakukan kegiatan proses belajar dengan jarak jauh. Pembelajaran IPS pada kondisi sekarang ini sangat lah sulit, apalagi bagi mereka yang kurang dalam pemahaman dan penggunaan teknologi.  Tidak semua guru paham dan dapat menggunakan IT untuk membantu dalam proses pembelajaran.

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Dalam proses belajar dengan kondisi dimana seorang guru tetap mengajar meski berada di rumah karena adanya Virus Covid 19.  Menuntut seorang guru agar dapat menggunakan teknologi untuk membantu lancarnya proses belajar. Proses belajar jarak jauh sering kita dengar dengan istilah belajar secara online atau daring. Belajar dengan menggunakan Internet sebagai media tambahannya. 

Pada saat ini  teknologi yang banyak digunakan untuk membantu adalah Android. Hampir semua orang memilikinya dan banyak guru yang dapat menggunakannya namun untuk memanfaatkan  ini untuk proses belajar ada beberapa guru yang kurang memahaminya. Banyak aplikasi di dalam telpon pintar ini yang dapat membantu guru dalam proses belajar jarak jauh (online). Dengan memafaatkan beberapa aplikasi yang ada di dalamya akan membantu proses belajar.

Pembelajaran berbasis teknologi informasi ini akan memberikan pengalaman terbaik bagi guru dan siswa saat melakukan KBM. Model pembelajaran ini salah satu model pembelajaran inovatif berbasis e-learning.

Aplikasi yang banyak digunakan pada saat ini untuk membantu dalam proses belajar adalah menggunakan Whatsapp (WA).  Penggunaan dalam memberikan materi kepada siswa sangat lah membatu seorang guru dapat mengirimkan materi, vidio maupun vois mail dia mengajar kepada siswa, namun dalam. Menggunakan WA kadang kita tidak dapat langsung betatapan dan melihat siswa dari jarak jauh, kadang untuk mengetahui kehadirandan fokus mereka pada saat kita memberikan materi juga sangat sulit. Ada beberapa aplikasi lain yang sangat membantu dalam proses belajar.

Google Clasroom merupakan salah satu cara  yang sangat membantu dalam proses pembelajaran siswa ditengah Pandemi virus Covid 19. Pembelajaran campuran yang diperuntukan untuk membantu dunia pendidikan secara daring. Guru dapat membuat kelas online untuk mengelola dokumen yang dibutuhkan siswa. Aplikasi ini dapat digunakan melalui Android, IPhone, IPad maupun Laptop. Aplikasi ini dapat diperoleh secara gratis .Sebelum menggunakanya siswa harus terlebih dahulu mendaftar ke Akun Google Application for Education. 

Dilansir dari artikel online Komunitas Blogger Pelajar tentang Manfaat Google Classroom untuk Media Pembelajaran . Kelebihan aplikasi ini adalah dapat digunakan secara bersama sama dalam kelompok. Proses mengistal nya sangat cepat dan mudah bagi yang baru menggunakannya. Didalamnya dapat juga mengirimkan soal ataupun materi yang akan dipelajari oleh siswa. Ini akan menghemat waktu, siswa dapat langsung mengerjakan tugas dan mengirimkan kepada guru. Tugas yang diberikan dapat diberikan deadline (batas waktu).

Guru dapat memberitahukan kepada siswa untuk melakukan diskusi online atau kegiatan pembelajaran online tertentu pada aplikasi ini. Di lain pihak siswa juga dapat berdiskusi dengan teman-temanya melalui postingan langsung di chatroom Google Clasroom. Penyimpanan data nya berada dalam satu lokasi terpusat. Tugas dan bahan materi guru dapat disimpan dan dilihat dalam folder tertentu. Tidak perlu takut jika hilang karna disimpan dengan baik dan gratis.

Banyak aplikasi lain yang dapat kita gunakan secara gratis dan sangat membantu dalam proses KBM. Sevina EdLink , Moodle, Edmodo, Schoology, Webeq, Rumah Belajar, Zenius, Ruang Guru gratis merupakan aplikasi yang sangat membantu. Untuk mendukung aplikasi ini dapat mengunakan tambahan berupa fitur TTS Puzzlemaker, Eclipse Crossword, CrosswordLabs, Puzzelmaker, Quizizz, Google Form dan lain sebagainya.

Oleh karena itu jadilah guru hebat pada masa sekarang. Dalam kondisi Pandemi Covid 19 kita harus dapat memanfaatkan IT. Baik berupa penggunaan WhatsApp (WA) maupun aplikasi lain. Dalam hal ini  sangat membantu sekali dalam kegiatan belajar mengajar. Dimana kita tidak dapat bertatap muka langsung dengan siswa. Bagi guru yang belum memahami aplikasi yang ada tidak usah takut. Banyak tutorial di Youtube yang dapat diikuti dan membantu kita mempelajarinya. Niat dan kemauan sangatlah dibutuhkan. Jangan pernah berhenti belajar dan mencoba demi kemajuan didunia pendidikan kita. Jadilah guru hebat dengan memanfaatkan Teknologi. Teacher will never stop study 'till  going better (Guru tidak pernah berhenti belajar  hingga menjadi lebih baik lagi).