Rabu, 17 Juni 2020

TIPE &Tips Pemilihan Jurusan ke Perg.Tinggi Negeri pada UTBK-SBMPTN

Oleh : IWA KOSWARA 
( Owner Konsultan Pendidikan & Bimbel Ramah Otak IWA K) 

Ada beberapa tipe peserta dalam memilih Jurusan masuk PTN  dalam UTBK-SBMPTN:

1.TIPE IDEALIS
Tipe ini memilih Jurusan pil.1&2 tanpa mempertimbangkan kemampuannya. Indikator kemampuan diukur dari skor Try Out-try out yang diikuti. Misalnya, dari beberapa kali try out yg diikuti memperoleh skor rentang 564-590, namun dalam memilih jurusan baik pilihan 1 maupun pilihan 2 mengambil kisaran prediksi passing grade 630-780. Kategori ini agak riskan. Oleh karena itu disarankan:
1).Mengupayakan  melatih diri lebih konsisten dan lebih  intensif lagi. Sering mengulang soal2 latihan tiap subtes yang ada  pada TPS. Konsultasi dan diskusi dengan guru atau temen2  yang lebih paham. 
2). mengikuti TO sesering mungkin untuk memperoleh kebisaan  psikologis dan menemukan pola2 serta karakteristik soal TPS.
3).Mempunyai Plan B: siap mengikuti ujian mandiri masuk PTN 
4). Mempunyai plan C: menyiapkan PT swasta sebagai cadangan

2. TIPE IDEALIS-REALISTIS
Tipe ini memilih pil ke-1 jurusan yang paling diinginkan meskipun jurusan yang dipilih tsb prediksi gradenya lebih tinggi dibandingkan dengan skor try out yang diikuti. Pilihan ke-2 mengambil jurusan dengan prediksi pssinggrade berada di kisaran  hasil Try Out. Kategori ini memiliki peluang lulus terutama di pilihan ke-2. Untuk kategori tipe ini disarankan:
1). Tetap memaksimalkan latihan soal2 tipe TPS agar meningkatkan kemampuan sehingga bisa diterima di pilihan 1
2). Try Out lebih sering dan serius mengikutinya agar memperoleh pengalaman paikologis dan dapat mendeteksi kekurangan-kekurangan.
3). Disarankan mengikuti ujian mandiri sesuai pilihan jur dan PTN. 

3.TIPE REALISTIS
 Ini tipe yang paling pas, karena memiliki peluang lulus lebih besar. Tipe ini menjadikan pilihan ke-1 berada pada kisaran prediksi passing grade hasil Try Out, dan pilihan ke-2 berada pada  prediksi passing grade di bawah hasil TO sekitar 5-10% atau lebih bawah lagi. 
Saran untuk tipe realistis: Tetap konsisten dalam berlatih  dan mengikuti Try  Out agar kemampuannya tidak menurun.

_*Informasi tambahan:* Saat ini beredar isu bahwa perguruan tinggi tertentu tidak mau dijadikan sebagai pilihan 2. Itu isu yang tidak benar, karena dalam UTBK-Sbmptn penentu kelulusan adalah skor hasil tes yang memadai untuk masuk ke jur tersebut baik pilihan ke-1 maupun ke-2._