Rabu, 19 Agustus 2020

PESONA NEGERI DIPUNCAK ANDALAS


Oleh EFRIZAL



“Sepucuk Jambi sembilan Lurah, sekepal Tanah Kerinci.”Pepatah adat lokal yang mengingatkan kita dengan daerah paling barat dalam wilayah Provinsi Jambi. Kabupaten Kerinci adalah negeri yang terletak dikaki gunung kerinci 3805 mdpl yang merupakan gunung merapi tertinggi di Indonesia atau gunung tertinggi yang kedua setelah pegunungan jaya wijaya di Papua. Inilah yang dimaksudkan dengan puncak Andalas.

Latar Belakang Gunung Kerinci


Sebelum tahun 1956 Kerinci merupakan daerah tingkat dua Kabupaten Pesisir Selatan Kerinci dengan ibu kota Kabupatennya terletak Di Sungai Penuh (Kota Sungai Penuh sebelum pemekaran adalah ibu kota Kabupaten Kerinci ) yang terletak di provinsi Sumatera Tengah dengan ibu kotanya Padang. Setelah terjadinya pemekaran Provinsi, Kerinci termasuk dalam wilayah Provinsi Jambi.

Menuju ke Kerinci terdapat tiga jalan masuk, dari Jambi berjarak 536 km kita melewati kabupaten Merangin dan Bangko berarti kita memasuki dari arah Selatan, apabila kita dari Kota Padang ingin melalui jalan dari arah Barat kita melewati Kabupaten Pesisir Selatan yang berjarak 277 km, sedangkan dari Kota Padang  ingin menuju Kerinci melewati jalan dari arah Utara kita melewati Kabupaten Solok Selatan yang berjarak 260 km. 

Dilihat morfologi daerahnya, Kerinci merupakan hamparan daerah yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan merupakan kawasan Taman Nasional Kerici Seblat, memiliki iklim yang sejuk, daerah yang subur dan kaya akan keaneka ragaman hasil pertanian dan perkebunan rakyat. Daerah ini banyak penyimpan pesona wisata alam yang sangat asri dan bahkan masih banyak yang belum terjamah dalam pengelolaan, namun keindahan yang disajikannya menjadi catatan tersendiri dihati bagi setiap pengunjung lokasi wisata tersebut, dengan arti kata Kerinci salah satu kabupaten di Sumatera yang memiliki potensi wisata alam tergolong sangat banyak.

Wisata  paling pertama sekali kita nikmati dari ketiga jalan menuju ke Kerinci yaitu Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), merupakan taman nasional Situs Warisan Dunia UNESCO meliputi  empat provinsi ; Jambi,  Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Begkulu. 

Jiwa Traveling kita akan terobati dari kelelahan setelah menempuh jarak yang cukup jauh dari Kota Padang melewati jalan dari sebelah barat kedatangan kita disambut dengan memandang gunung Kerinci berdiri megah yang merupakan icon kabupaten Kerinci, serta hijaunya perkebunan Teh Kayu Aro bagaikan permadani terbentang luas. Jarak tempuh dari kota Sungai penuh 65 km.



Pedakian Gunung Kerinci


Wisata pendakian kepuncak Gunung Kerinci sudah menjadi trend bagi generasi muda daerah setempat mengisi waktu liburannya dan bahkan selalu dikunjungi oleh pendaki dari daerah lain, maupun mancanegara.

Orang banyak yang belum mengetahui, ternyata di sekeliling gunung Kerinci masih banyak terdapat Destinasi wisata alam yang sangat menakjubkan sekali dengan potensi keindahannya.

Ketika beristirahat dalam perjalanan pendakiam gunung Kerinci dipasangerahan (tempat istirahat) pertama kita dapat melihat kebawah dekat pinggang gunung Kerinci, akan terlihat sebuah danau kecil dipuncak bukit yakni danau Belibis. Danau ini jarang dikunjungi wisatawan, karena sarana jalan kesana yang sangat sulit, serta dikelilingi hutan belantara yang merupakan habitat binatang – binatang buas.

Perkebunan Teh Kayu Aro memiliki panorama indah dan menyegarkan, dibalik itu fakta menarik, perkebunan Teh memiliki luas mencapai 3020 hektar merupakan salah satu perkebunan teh terluas dan tertinggi di dunia. Perkebunan ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda dan merupakan perkebunan teh pertama yang ada di Nusantara. Sungguh sejuk mata memandang seakan – akan luas yang tak bertepi melukiskan indahnya pemandangan yang sangat asri.


Ditengah–tengah perkebunan Teh terdapat lokasi wisata yang tak kalah menariknya bernama Aroma Peko, objek wisata ini menawarkan berbagai fasilitas yang sangat menarik untuk dinikmati, taman bunga yanng mengeliling danau kecil yang asri membuat mata betah berlama – lama untuk menikmatinya.

Pada sisi lainnya disekitar gunung Kerinci terdapat  objek wisata yang tergolong sangat eksotis yakni wisata alam Rawa Bento. Objek wisata ini terkenal sebagai salah satu rawa tertinggi di dunia, berada di ketinggian 1300 mdpl dengan luas area rawanya mencapai kurang lebih 1000 hektar.

Desa Pelompek masih dalam kawasan gunung kerinci kita dimanjakan juga dengan objek wisata alam Danau Gunung Tujuh, merupakan sebuah danau yang berlokasi dikawasan puncak Gunung Tujuh. Memiliki panorama alam asri, Berada di ketinggian 1.950 meter dari permukaan laut, objek wisata ini merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia. 

Bagi yang memiliki jiwa berpetualangan mendaki gunung untuk mencapai danau gunung Tujuh masih terbilang lebih ringan dibandingkan jalur pendakian Gunung Kerinci sehingga objek wisata di ini cocok untuk Toppers yang ingin bersantai saat liburan ke Kerinci. 

Danau Gunung Tujuh

Sumber, https://pariwisataku.com/9-wisata-kabupaten-kerinci/


Danau Gunung Tujuh terdapat objek wisata air terjun merupakan salah satu air terjun yang terdapat di Kabupaten Kerinci. Ketinggian air terjun ini mencapai lebih 50 meter. Dinamakan Air Terjun Telun Berasap diambil dari nama desa letaknya objek wisata tersebut.

Bila kita berkunjung keobjek wisata ini, mata kita akan dimanjakan oleh pelangi ketika saat berada di bawah sinar matahari, aliran air terjun ini akan memantulkan cahaya warna-warna yang indah, serta percikan-percikan air terjunnya yang menyerupai kabut asap. Sungguh sangat eksotis sekali dipandang mata. 

Sensasi wisata lainnya yang sangat perlu bagi kita nikmati bagi yang berjiwa petualang dan ingin mengkaji prasejarah. Alam Kerinci memiliki sebuah situs prasejarah yaitu Goa Kasah. Konon goa ini merupakan peninggalan dari zaman manusia purba.

Goa ini ditemukan sekitar tahun 1963, memiliki panjang 150 meter dan lebar 20 meter ini menyimpan banyak peninggalan masa purbakala di dalam goa ini. Panorama didalam goa ini seperti tempat tinggal, terdapat lukisan dinding, meja dan tempat duduk serta kamar yang semuanya terbuat dari batu.

Goa Kasah terletak dalam wilayah kecamatan Kayu Aro berjarak tempuh dari Sungai Penuh lebih dari 65 km. Jalan menuju objek wisata ini tergolong sulit, dari desa terdekat kita melalui jalan setapak dan jalan rawa serta perbukitan, waktu  yang dibutuhkan mecapai Goa Kasah lebih 1 jam berjalan kaki yang cukup melelahkan.

Kelelahan tidak akan terasa karena sepanjang perjalanan kita disajikan keindahan alam yang menawan serta memicu adrinalin kita dalam menempuh perjalanan mengarungi rawa dan dihadang oleh bukit dengan jalur ekstrim yang penuh dengan bebatuan vulkanik.

Goa Kasah

https://www.bobobox.co.id/blog/wisata-alam-gunung

Semuanya ini hanya baru sebagian di antara objek wisata alam yang dimiliki kabupaten Kerinci, namun masih banyak objek - objek wisata alam lainnya yang tidak kalah menariknya untuk kita kunjungi.

Setelah puasnya kita menikmati beberapa objek wisata alam yang terdapat di Kabupaten Kerinci wilayah bagian Utara, marilah kita manjakan jiwa traveling kita menuju objek wisata lainnya yang ada di pangkuan Ranoh Kincai ( Kabupaten Kerinci dalam bahasa daerah setempat ).

Ranoh Kincai sungguh banyak menyimpan objek wisata alam yang sangat asri, membuat kita ingin berlama - lama mengunjungi dan menikmati nuansa yang berbeda – beda tersajikan dari setiap objek wisata yang ada, sehingga perlu rasanya mengabadikan setiap momen perjalan kita melihat pesona negeri dipuncak andalas ini.  

Kabupaten Kerinci memiliki dua lokasi sumber air panas ( Hangat ), yakni air hangat berlokasi di desa Baru kecamatan Air Hangat dan di Desa Semedang kecamatan hamparan Rawang. Kedua objek wisata ini memiliki jarak tempuh dari kota Sungai penuh tidak terlalu jauh.

Air hangat semedang merupakan air panas yang mengalir dari perbukitan, lokasinya berjarak lebih kurang 7 km dari kota Sungai penuh, sedangkan air panas berlokasi di desa Baru kecamatan Air Hangat, namun masyarakat Kerinci mengenalnya dengan sebutan air hangat Semurup. Jarak tempuh dari kota Sungai Penuh lebih kurang 12 km, menuju lokasi mata kita dimanjakan dengan hamparan sawah yang sangat luas.

Objek wisata ini memiliki 2 buah kolam air hangat yang memiliki suhu di atas 80ºc. Airnya berwarna biru dimanfaatkan oleh wisatawan tempat merebus telur ayam atau bebek, serta tersedianya kamar – kamar pemandian yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mengobati penyakit kulit dan reumatik, karena airnya mengandung balerang.

Rasanya kita merasa rugi jika tidak mencoba berendam di pemandian air panas ini dan merasakan  sensasi nya Air Panas Semurup. Objek wisata alam ini adalah mata air panas terbentuk karena aktivitas vulkanik. 

Sebelumnya telah diketahui bahwa kabupaten Kerinci dan Sungai penuh merupakan daerah yang dikelilingi pegunungan dan perbukitan. Salah satu perbukitan yang terletak dalam kawasan Kota Sungai Penuh terdapat sebuah objek wisata yang tidak kalah menariknya yaitu Bukit Khayangan.

Bukit Kayangan merupakan sebuah bukit dalam rangkaian kawasan bukit barisan. Kita akan menemui panorama alam yang indah luar biasa. Kota Sungai Penuh dengan hamparan sawah yang sangat luas  yang, serta bila kita melayangkan pandangan arah kebarat terpampang megah gunung Kerinci dan gunung Tujuh, di arahkan pandangan mata arah ketimur terlihat nyata bentangan Danau Kerinci yang mempesona

Bukit Kayangan merupakan salah satu objek wisata berlokasi di Desa Renah Kayu Embun, Kota Sungai Penuh. Jarak tempuh menuju Bukit Kayangan memerlukan watu sekitar 30 menit dari Kota Sungai Penuh.


Bukit Khayangan

https://www.google.com/search?q=bukit+kayangan

Menuju arah ke Barat dari kota Sungai Penuh, jalan masuk dari Provinsi Sumatera Barat melalui Kabupaten Pesisir Selatan, terdapat lagi sebuah objek wisata alam yang tidak kalah menariknya, yaitu Bukit Tapan. 

Bukit Tapan ini berlokasi diperbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Kedatangan kita ditunggu dengan pemandangan alam yang sangat indah. Perpaduan antara perbukitan dan pepohonan hijau yang rindang serta ditingkah nyanyian suara berbagai jenis burung - burung membuat membuat diri kita terlena dengan pesona alam ini . 

Untuk lebih melengkapi traveling kita berwisata alam ke Ranoh Kincai, sangatlah eloknya kita melanjutkan wisata dengan mengunjungi Air Terjun Talang Kemulun. Air terjun ini terletak di Desa Talang Kemulun Kecamatan Danau Kerinci, berjarak tempuh dari kota Sungai Penuh lebih kurang 15 km. Air Terjun Talang Kemulun ini digadang-gadang sebagai salah satu  surga tersembunyi yang ada di Indonesia. Objek wisata Air Terjun ini juga dikenal dengan nama lain air Terjun Lembah Khayangan.

Ingin menikmati nuansa objek wisata ini, membutuhkan waktu lebih 1  jam menyusuri hutan di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dengan berjalan kaki, namun setelah sampai dilokasi kelelahan kita akan terobati dengan pemandangan air terjun memiliki aliran yang berundak-undak sejuk dan sangat asri ciptaan Tuhan ini.


Air Terjun Talang Kemulun


Setelah terpuasnya jiwa traveling kita menikmati pesona air terjun Talang Kemulun, ayo mari kita sempurnakan perjalan wisata yang ada dinegeri puncak andalas ini dengan mengunjungi Danau Kerinci dan Danau Kaco.

Danau Kerinci merupakan danau yang terbentuk akibat dari letusan gunung berapi, memiliki luas 46 km2, dengan kedalaman rata-rata danau mencapai 97 m, berada di ketinggian lebih 780  meter diatas permukaan laut. Danau ini terletak di kawasan kaki Gunung Rayo ( Gunung Raya ) , merupakan danau terbesar yang ada di Kabupaten Kerinci, danau kedua terbesar di Sumatera.

Menuju kelokasi objek wisata ini berjarak 18 Km arah ke Selatan dari kota Sungai Penuh. Lebih tepatnya danau ini membatasi dua wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Keliling Danau dan Kecamatan Danau Kerinci. Danau Kerinci memiliki ikan endemik yang hanya ada di tempat ini, yaitu ikan Semah. 

Setiap tahun dilokasi objek wisata  ini selalu diadakan Festival Danau Kerinci yang menyajikan berbagai atraksi kesenian yang berkaitan dengan budaya Kerinci. Pada tahun 1950 an wakil Presiden yang pertama Drs. Muhammad Hatta berkunjung kedanau ini, bukti kehadirannya disini nama desa tempat beliau kunjungi diberinama Desa Tanjung Hatta, tepat berada dipinggir Danau Kerinci, serta peninggalannya sebatang pohon Beringin yang ditanam beliau berada dipinggir danau.

Kita bisa juga melihat daerah – daerah yang berada disekeliling Danau Kerinci yang banyak menyimpan bukti peninggalan sejarah, diantaranya Desa Seleman, terdapat Rumah Laheik sebagai rumah khas Kerinci, Desa Pulau Tengah yang terdapat Dolmen Batu Raja dan Masjid Keramat Pulau Tengah, serta sejumlah batu berukir bukti peninggalan manusia megalit yang dipercaya mejadi bukti bahwa wilayah di sekitar Danau Kerinci pernah dihuni manusia purba.

Danau Kerinci

https://www.jambiupdate.co/artikel-inilah-10-tempat-paling-menarik-di-kabupaten-kerinci.html


Mari kita lanjutkan Tour Wisata menikmati dengan mengunjungi Danau Kaco ( Kaca ), lebih tepatnya danau ini hanya sebuah telaga yang berukuran luas lebuh kurang 900 meter, terletak diketinggian 1289 mdpl, dikatakan Danau Kaco berhubungan dengan airnya yang biru dan sangat bening. Keunikan objek wisata ini memiliki keindahan bawah air serta airnya dapat membantulkan cahaya saat bulan purnama.

Mencapai tujuan  tempat wisata ini dari Kota Sungai Penuh lebih kurang 45 km arah ketenggara menuju Dusun Baru Lempur, dikaki Gunung Rayo dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Tempat wisata ini sudah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai warisan dunia. Lokasinya cukup sulit ditemukan, Selain di ketinggian, juga berada di balik hutan lebat dengan pe pohonan menjulang tinggi.


Perjalanan dari Dusun Baru Lempur ke Danau Kaco hanya bisa di tempuh dengan berjalan kaki menyusuri hutan belantara sekitar 4 jam. Alangkah baiknya bila kita kelokasi objek wisata ini perlu menyediakan akomodasi keperluan terutama makanan dan minuman, karena lokasi wisata alam ini letaknya sangat jauh dari pemukiman penduduk serta menggunakan bantuan jasa pemandu. Sepanjang  perjalanan kita akan mendengarkan senandung kicauan burung – burung dan akan melihat berbagai jenis hewan. Melalui perkebunan rakyat, menaiki bukit dan menuruni lurah yang harus selalu diwaspadai kondisi medannya. Danau Kaco merupakan satu dari lima danau yang berada di Kecamatan Gunung Raya kabupaten Kerinci.


Danau Kaco

https://www.bobobox.co.id/blog/wisata-alam-gunung-kerinci

Selain pesona alamnya Ranoh Kincai, kita dapat juga melihat bukti – bukti peninggalan zaman megalitik. Daerah ini banyak juga ditemui peninggalan kebudayaan  mikrolit,  seperti  pasu batu, lumpang batu, dan sebagainya.

Terbayar sudah kelelahan sepanjang perjalanan wisata alam setelah bekunjung mellihat pesona negeri dipuncak Andalas yang berselimutkan keindahan membawa kita kenuansa alam yang sangat asri, serta menggundang keinginan kita menelusuri bukti – bukti peninggalan zaman pra sejarah. Sungguh indahnya titipan Tuhan yang Maha Esa yang terdapat Ranoh Kincai.


Efrizal, guru IPS SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik, Kab.Padang Pariaman, Sumatera Barat. Alumni PDU FKIP Universitas Jambi. Aktif pada MGMP IPS SMP Kabupaten Padang Pariaman dan  MGMP IPS SMP Provinsi Sumatera Barat