Rabu, 30 September 2020

ANGGOTA FKGIPS NASIONAL AKAN MEMILIKI KTA ELEKTRONIK

 


Socius (30/9) Dalam waktu dekat ini FKGIPS Nasional akan meluncurkan Kartu Tanda Anggota (KTA) baru. Sesuai hasil rapat PP FKGIPS Nasional melalui zoom meeting malam ini (30/9) peluncuran KTA berbasis chip elektronik ini direncanakan akan dilaksanakan secara resmi pada saat milad atau HUT FKGIPS Nasional yang ke-4 pada 3 Nopember 2020.  KTA FKGIPS Nasional ini diluncurkan bersamaan dengan aplikasi keanggotaan FKGIPS Nasional yang nantinya bisa diunduh oleh anggota di playstore.

Satu kelebihan dari KTA FKGIPS Nasional hasil kerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini memiliki fungsi ganda. KTA tidak hanya sebagai ID card atau kartu identitas keanggotaan, tetapi juga bisa berfungsi sebagai e-money. Sebagaimana halnya kartu Brizzi yang dikeluarkan BRI, KTA FKGIPS nasional yang juga menggunakan blanko Brizzi 

bisa juga dipakai untuk keperluan sebagai pengganti uang tunai untuk melayani transaksi pembayaran nggotaa sehari-hari, seperti: kartu tol, kartu belanja, kartu diskon dan lain-lain.

Pemilihan BRI sebagai mitra dengan pertimbangan akses BRI yang sampai ke semua pelosok Nusantra di tingkat desa. Sedangkan penggarapan aplikasi keanggotaan dikerjaan oleh mitra profesional yang sudah biasa menangani aplikasi keanggotaan untuk organisasi, seperti halnya parpol, LSM atau ormas. Jadi aplikasi ini tidak menggunakan aplikasi berbasis open source.

Bagi anggota yang sudah memiliki KTA FKGIPS Nasional nantinya akan NTA dan mendapat layanan khusus dari FKGIPS nasional berupa diskon khusus atau pembebasan pembayaran untuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh FKGIPS Nasional.

KTA bisa diperoleh dengan membayar biaya Rp100.000 per anggota untuk masa keanggotaan lima tahun. Biaya ini terhitung murah dibandingkan oraganisasi sejenis yang mengeluarkan kartu biasa bukan elektronik senilai di atas seratus ribu rupiah. Calon anggota yang berminat bisa menghubungi ketua Pengda atau PW FKGIPS masing-masing. 

"Dengan kita memiliki KTA yang eksklusive dan sistem aplikasi keanggotaan yang bagus, kita ingin memberikan kebanggaan kepada guru IPS SMP/MTs yang berminat menjadi anggota FKGIPS Nasional." demikian kata Wijaya, Ketua Umum PP FKGIPS Nasional.

Selain masalah KTA rapat juga memutuskan persiapan menghadapi milad atau HUT FKGIPS Nasional ke-4 yang sedianya dilaksanakan pada 3 November 2020. Sebagai tanda syukur atas milad keempat ini PP FKGIPS Nasional rencananya akan melaksanakan sejumlah lomba, seperti lomba penulisan artikel, dan pembuatan video pembelajaran. Selain itu juga akan melaksanakan Webinar tingkat nasional dengan narasumber dari Kemdikbud dan Silaturahmi Virtual Keluarga Besar FKGIPS Nasional yang dihadiri seluruh pengurus FKGIPS Nasional dari tingkat pusat sampai daerah. (EC-Socius)