Sabtu, 26 September 2020

CARA MUDAH MEMAHAMI ISTILAH GEOGRAFI


Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial atau IPS di tingkat pendidikan dasar mencakup empat dasar keilmuan, yaitu: kegeografian, kesejarahan, keekonomian dan kesosiologian. Di antara empat bidang ilmu yang tergabung dalam IPS tersebut yang unik adalah geografi. Geografi bisa dikatakan setengahnya adalah ilmu sosial dan setengahnya lagi ilmu eksakta. Untuk itulah di perguruan tinggi geografi ada yang memasukan ke ranah ilmu sosial dan ada juga yang menggabungkannya ke eksakta atau Fakultas MIPA.

Satu yang khas dari geografi adalah kekayaan istilahnya. Istilah-istilah dalam Geografi sangat beragam dan menarik untuk dipelajari. Hal ini dipengaruhi oleh beragamnya objek yang dikaji dalam geografi. Mulai dari aspek fisik hingga aspek sosial. Setiap objek menyajikan kemewahan fenomena yang tersusun oleh suatu rupa, istilah dan perbendaharaan kata.

Untuk memahami istilah-istilah geografi tentunya perlu usaha ekstra. Salah satu cara mudah untuk memahami istilah-istilah geografi dengan penguasaan atas kamus geografi. Keberadaan kamus geografi sangatlah dibutuhkan, terutama kamus yang bisa mempermudah guru dalam memahaminya. Umumnya kamus tersusun secara alfabetis, tetapi kalau ingin mudah mempelajarinya carilah kamus yang tersusun secara tematik per pokok bahasan. Apalagi kalau dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik dan full colour. Ini akan lebih mempermudah dalam menguasai dan memahami istilah dalam geografi.


Dari sekian kamus geografi yang ada, Kamus Geografi Edisi Tematik dan Visual terbitan Penerbit Andi Yogjakarta bisa dijadikan alternatif pilihan terbaik. Kamus yang ditulis oleh Drs. Gatot Harmanto, M.Pd. dan Rudi Hartono, S.Pd. ini dirancang secara khusus secara tematik dan per pokok bahasan. Tiap bab disertai dengan gambar-gambar objek  atau fenomena geografi, sehingga akan lebih mudah memahaminya.  Sebagai seorang alumni Pendidikan Geografi yang lama bergelut di dunia pengajaran geografi, penulis tahu persis apa yang menjadi permasalahan para guru dalam hal penguasaan istilah. Untuk itulah mengapa penulis menyajikan kamus yang ditulisnya secara tematik dan visual dengan harapan bisa mudah dipahami. Pola penyajian kamus seperti ini akan sangat membantu para pembacanya, terlebih untuk guru-guru IPS yang umumnya berlatar pendidikan tidak hanya dari jurusan Pendidikan Geografi,

Para guru geografi dan non geografi, dosen, siswa dan masyarakat akan sangat terbantu dengan adanya kamus ini, terutama dalam meningkatkan wawasan dan sistem pembelajaran materi kebumian yang berkualitas. Tersaji dalam kemasan hardcover dan ilustrasi  full colour serta kertas dalam berupa hvs 70 grs tampilan kamus setebal 528 halaman ini menjadi istimewa. Sangat layak menghiasi rak buku para guru sebagai buku referensi yang berkualitas.

Satu harapan dari keberadaan kamus yang dibanderol dengan harga setara hanya 2 % dari uang tunjangan profesi pendidik yang diterima tiap triwulan ini adalah mampu memberi kemudahan kepada pembacanya dalam memahami istilah geografi. Dengan menyisihkan setara hanya 2 % dari tunjangan sertifikasi yang diterima kita sudah bisa memberikan pengajaran yang lebih baik kepada peserta didik karena mampu menguasai istilah dengan baik, sekaligus kita menjalankan amanah diberikan uang tunjangan profesi pendidik atau tunjangan sertifikasi untuk peningkatan kompetensi pendidik.

Jangan lupa, hati-hati dengan buku bajakan yang dijual jauh di bawah harga normal, mari kita perangi pembajakan atas HAKI. Kalau bukan kita sebagai bagian dari kaum intelek yang menghargai hak intelektual mau siapa lagi. PERANGI BUKU BAJAKAN DENGAN TIDAK MEMBELINYA! (Advertorial: Enang Cuhendi-Socius)