Selasa, 29 September 2020

MGMP IPS Kabupaten Musi Rawas Mengelar kegiatan LOVI untuk Guru IPS di Indonesia

 


Socius. Musirawas (29/9) Pada 29 - 30 September  dan 1 Oktober  2020 MGMP  IPS Kabupaten  Musi Rawas mengadakan kegiatan Lokakarya Virtual Pembuatan video Pembelajaran . Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Musi  Rawas  bekerja sama dengan Forum Komunikasi Guru  (FKGIPS) Nasional   Dihadiri 90 orang peserta yang mewakili berbagai provinsi  di Indonesia. Pada kesempatan ini  hadir membuka kegiatan LOVI Sekretaris  Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kabupaten Musi Rawas  dalam arahannya saat membuka acara memaparkan  bahwa , kemampuan kompetensi kita para guru tergantung pada 2 hal, Pertama pada apa yang kita baca dan kedua, dengan siapa kita bergaul.Ketika apa yang kita baca adalah hal-hal yang berhubungan dengan peningkatan kompetensi  sebagai guru maka kemampuan guru juga akan berkembang. Dengan siapa kita bergaul, jika kita bergaul dengan guru – guru hebat yang mau belajar dan meningkatkan kompetensi dimasa pandemi  ini dan bukan mengangap sebagai hari libur,  ini akan akan membentuk karakter dalam diri. Guru IPS telah menjalin suatu Net Working, jalinan kerja sama untuk meningkatkan kompetensi guru di masa pandemic.

Dari arahan tersebut bisa dipahami bahwa pihak dinas kabupaten Musi rawas  sangat mengapresiasi kegiatan LoVi ini, kerana semua guru adalah pembelajar, guru yang mengerakkan orang untuk belajar, perkembangan teknologi telah memaksa untuk belajar dan memahami teknologi.Ucapan Terima Kasih dari DInas Kabupaten Musi Rawas, kepada MGMP IPS Musi Rawas dan FKG IPS Nasional telah menjalin kerjasama dengan baik untuk meningkatkan Kompetensi Guru.

Lebih jauh Pak Hartoyo menyampaikan arahan dan harapannya agar Lokakarya Virtual ini harus ada produk yang dihasilkan, yaitu masing- masing peserta dapat membuat video pembelajaran, bukannya hanya untuk dapat sertifikat saja. Menurut Pak hartoyo sebagai guru IPS, mesti bisa menyiapkan siswanya menghadapi perubahan kurikullum salah satunya adalah untuk dapat mengerjakan soal - soal AKM bagi siswa dikelas 8  hal ini juga termasuk AKM guru. Ini merupakan tantangan kedepan agar bisa meningkatkan hasil survey dari PISA. Pesan pak Hartoyo mewakili kepala DInas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas teruslah kreatif dan Inovatif hingga siswa dapat belajar menyenangkan bukan hanya untuk mengejar nilai.

Tujuan kegiatan ini antara lain untuk saling kenal dan menjalin silaturahmi di antara sesama guru IPS dan khususnya meningkatkan kemampun guru dalam mengembangkan media pembelajaran  untuk menunjang pembelajaran dimasa pandemic, demikian disampaikan oleh ketua MGMP IPS Musi rawas sekaligus ketua Panitia, Erni Melati Sari.


Setelah pembukaan hari ini Kegiatan LoVi langsung dengan penyampaian materi oleh narasumber Ketum PP FKGIPS Nasional, Wijaya Winarja, S.Pd,.M.Pd. Materi hari pertama  disampaikan tentang pengantar teoritis dan dasar teoritis, selama dua hari kedepan peserta akan langsung mempraktekkan pembelajarannya. Semua peserta sangat antusias dalam menerima materi dari Kang Jaro, demikian beliau sering disebut, dengan gaya penyampaian yang santai dan tetap serius dibuktikan dengan banyak peserta yang bertanya dan sudah tidak sabar untuk mempraktekkan pembuatan video.(Socius-Erni Melati sari)


Musi Rawas, 29 September 2020