Sabtu, 31 Oktober 2020

70-an Peserta Aktif Tuntaskan Pelatihan Menulis Guru IPS 2020

Sesi zoom Pelatihan Guru IPS Menulis 2020

Socius Media.
(31/10) Tepat seiring berakhirnya hari di bulan Oktober 2020, sekira 70-an peserta aktif menuntaskan kegiatan Pelatihan Menulis Guru IPS Tahun 2020 yang digagas Socius Writers Club (SWC) FKGIPS Nasional. Kegiatan berakhir tepat bersamaan dengan berkumandangnya gema adzan Ashar waktu Indonesia Bagian Barat.

Enang cuhendi, Waketum III PP FKGIPS Nasional

Kegiatan ditutup oleh Enang Cuhendi mewakili Ketua Umum PP FKGIPS Nasional yang berhalangan hadir karena sedang terganggu kesehatannya. Dalam sambutannya Waketum III PP FKGIPS Nasional ini berpesan agar peserta tidak hanya memanfaatkan momentum kegiatan ini hanya untuk mengejar selembar kertas sertifikat semata, tetapi terus bisa bersinergi mengembangkan kompetensi di bidang menulis. "Ucapan terimakasih disampaikan secara khusus kepada para nara sumber, crew kegiatan dan para peserta aktif yang telah mensukseskan kegiatan pelatihan dalam rangka milad ke-4 FKGIPS ini." ujar Kang Enang, panggilan akrab lelaki yang juga  Koordinator SWC. 

Selama empat hari dari 27 sampai dengan 31 Oktober 2020 peserta mendapatkan materi dari enam nara sumber. Hari pertama (27/10) peserta mendapatkan tambahan wawasan tentang literasi dari Wijaya, M.Pd, Ketum PP FKGIPS Nasional dan tentang teknik menulis reportase dari Jayadi Prajadin, penulis dan reporter senior Liputan6.com. Hari kedua (29/10) peserta dibakar motivasinya untuk terus menulis oleh Enang Cuhendi, dan mendapat tambahan ilmu tentang kiat menulis artikel ilmiah populer dari Esep Muhammad Zaini, penulis yang juga Pemred ,ajalah Pendidikan Guneman.

Esep Muhammad Zaini tampil di sesi 2 dan 3


Setelah sempat istirahat sehari terkait libur peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW (29/10) pada Jumat (30/10) peserta mendapat pembekalan hari ketiga dengan materi kreatif menulis cerpen. Pemateri sesi ketiga sempat berganti ke Esep Muhammad Zaini, karena Oesep Kurniadi yang sejatinya akan memberi materi keluarganya mendapat musibah. 

Pelatihan sesi terakhir, Sabtu (31/1) peserta bisa berdialog dengan Wijaya Kusumah, M.Pd. terkait dengan menulis di blog. Sosok guru yang dikenal dengan panggilan Om Jay ini merupakan bloger terkenal yang banyak meraup sukses dari hasil berkreasi menulis di blog. Satu kesempatan berharga bagi peserta bisa banyak mendengarkan kisah sukses dan inspiratif dari Om Jay tentang sepak terjangnya di dunia bloger.


Sesi keempat bersama Om Jay

Dari 120 orang yang terdaftar sebagai peserta, tercatat hanya sekira 70 orang yang dapat menuntaskan pelatihan. Selain kehadiran dalam sesi Zoom, tantangan bagi peserta untuk untuk bisa mendapatkan sertifikat adalah wajib menulis satu artikel dengan tema "Aku dan Pandemi Covid-19" dan satu tulisan optional berupa karya cerita pendek. Menurut panitia karya-karya peserta ini akan dihimpun menjadi sebuah buku antologi tulisan guru IPS Nasional.(EC-Socius).