Sabtu, 10 Oktober 2020

BELAJAR IPS LEBIH MENYENANGKAN DENGAN QUIZIZZ

 


Oleh : Anisa Octorina SE 

(Guru IPS di UPT SMPN 1 Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur)

    Di masa Pandemi seperti ini, tantangan kita sebagai guru adalah memilih strategi pembelajaran  yang tepat agar siswa tetap semangat dan memiliki motivasi belajar . Jangan sampai siswa bosan dengan rutinitas tugas yang banyak dan bertubi-tubi sehingga tidak betah di rumah. Apalagi sampai jenuh untuk belajar. Untuk itu kita harus kreatif mengelola pembelajaran agar bisa membangkitkan motivasi siswa untuk belajar. Karena bagaimanapun motivasi ini nantinya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Pada dasarnya motivasi adalah suatu usaha yang disadari untuk menggerakkan, menggarahkan dan menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Jika siswa memiliki motivasi dalam belajar, maka prestasi belajarnya pun akan baik (tinggi). Sebaliknya jika siswa memiliki motivasi yang buruk dalam belajar, maka prestasi belajarnya pun akan buruk (rendah).(Hamdu & Agustina, 2011)

Berkembangnya teknologi informasi ini memang membawa banyak pengaruh positif untuk manusia di dunia terutama di Indonesia. Beberapa pengaruh positif perkembangan teknologi informasi terutama di dalam pembelajaran yang dapat mempermudah guru untuk mengajar siswa agar tercapai hasil yang memuaskan. Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. (MULYANI, n.d.) Quizizz ini sangat menarik bagi siswa sehingga bisa membangkitkan motivasi dalam belajar. 

Penggunaan Quizizz sangat  mudah.  Kuis  interaktif ini memiliki  hingga  4-5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar. Bisa juga ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan pengaturan pertanyaan sesuai keinginan anda. Bila kuis sudah jadi,  dapat dibagikan kepada siswa dengan menggunakan kode 6 digit yang dihasilkan. Quizizz dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa  kehilangan  esensi  belajar  yang  sedang  barlangsung.  Bahkan  strategi  ini  dapat melibatkan partisipasi  siswa secara aktif sejak awal.(Noor, 2020)

Tidak seperti aplikasi pendidikan lainnya, Game Quizizz memiliki karakteristik permainan seperti avatar, tema, meme, dan musik  menghibur dalam proses pembelajaran. Quizizz juga memungkinkan siswa untuk saling bersaing dan memotivasi mereka belajar sehingga hasil belajar bisa meningkat. Siswa mengambil kuis pada saat yang sama dan melihat peringkat langsung mereka di papan peringkat. Instruktur atau guru dapat memantau prosesnya dan mengunduh hasilnya ketika kuis selesai untuk mengevaluasi kinerja siswa. Game Quizizz dapat membantu motivasi belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar. Hal ini sejalan dengan pendapat  Dewi, C. K. (2018: 43) yang mengatakan bahwa pembelajaran berbasis permainan mempunyai potensi yang baik untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif karena dapat merangsang komponen visual dan verbal.(Setiawan et al., 2019)

Quizizz bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran seperti mengadakan pretest, posttest, dan latihan soal, penguatan materi untuk mengukur pemahaman siswa, remedial, pekerjaan rumah dan lain sebagainya. Uniknya pilihan jawaban Quizizz terdapat gambar dan warna yang variatif.(Citra & Rosy, 2020). 

Apalagi fitur Quizizz sekarang lebih lengkap. Bisa juga disisipi materi pembelajaran. Sehingga sangat membantu sekali bagi bapak dan ibu guru dalam proses KBM, membantu meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Berdasarkan pengalaman saya pribadi ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah saya menggunakan quizizz. Nilai IPS semakin meningkat. Apalagi kalau saya menggunakan moda Live Game (Online secara bersamaan waktunya). Anak-anak bahkan meminta saya untuk mengulang lagi quizizznya. Mereka seperti ingin bersaing nilai dengan teman-temannya. Pembelajaran daring semakin seru dan menyenangkan. 

Namun ada beberapa kendala dalam penggunaan Quizizz di sekolah saya. Yaitu sering mengalami gangguan sinyal. Beberapa siswa kelas VII ada yang belum mempunyai email. Dan untuk membuatkan email di masa pandemi seperti ini agak sulit karena belum bisa bertatap muka secara langsung. Padahal email itu syarat untuk bisa memainkan program quizizz ini.

Bagaimana cara membuat akun Quizizz, membuat soal di quizizz, membagikannya ke siswa, melihat hasil pekerjaan siswa dan pertanyaan seputar quizizz bisa dilihat caranya dengan bergabung di facebook grup Komunitas Quizizz Indonesia. Ayo temen-teman, silahkan bergabung bersama, mencari ilmu bersama demi meningkatkan kualitas anak bangsa.




DAFTAR PUSTAKA

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.

MULYANI, S. R. I. (n.d.). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENERAPAN APLIKASI QUIZIZZ SISWA KELAS VII SMP NEGERI 40 SINJAI.

Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam Penilaian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.

Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi media game edukasi quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel kelas x ipa 7 sma negeri 15 semarang tahun pelajaran 2019/2020. EDUSAINTEK, 3.