Senin, 05 Oktober 2020

Hari Guru Sedunia, Moment Guru yang Sering Dilupakan Guru

 

Oleh Enang Cuhendi

 

Setiap 5 Oktober  ada dua momentum istimewa dalam sejarah. Yang pertama di Indonesia diperingati sebagai Hari TNI atau dulu Hari ABRI, bertepatan dengan berdirinya Badan Keamanan Rakyat yang menjadi cikal bakal TNI saat ini pada 5 Oktober 1945.  Hampir semua rakyat Indonesia pasti mengetahui momen ini karena setiap tahun bisa dipastikan diperingati secara nasional.

Momen kedua adalah Hari Guru Sedunia atau World Teacher Day. World Teacher Day juga jatuh pada setiap 5 Oktober. Bedanya untuk peristiwa yang mengagungkan guru ini tidak semua orang, termasuk para guru mengetahuinya. Bahkan peringatan pun jarang ditemukan, karena di kita hanya dikenal Hari Guru Nasional (HGN) pada 25 November setiap tahunnya. Parahnya HGN pun tidak semua orang, termasuk guru, tahu atau sering lupa tanggal peringatannya. Untungnya untuk HGN hampir setiap tahun PGRI dan juga pemerintah selalu memperingatinya, sehingga guru-guru aktif yang tergabung di PGRI bisa dipastikan ikut merayakannya.

Apa itu World Teacher Day? Sejarah peringatan Hari Guru Sedunia ini bermula pada tahun 1994 silam oleh badan dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang khusus menangani tentang pendidikan yakni UNESCO dan Education International (IE). Alasan diperingatinya Hari Guru Sedunia ini adalah memberikan dukungan kepada guru-guru di seluruh dunia tanpa terkecuali. Selain itu juga untuk memberitahukan bahwa profesi guru sangat penting untuk setiap generasi di setiap negara.

Berbeda dengan Hari Guru Sedunia, setiap negara juga ada perayaan Hari Guru Nasional masing-masing. Amerika Serikat merayakannya pada minggu pertama Mei. Argentina merayakan Hari Guru Nasional pada 11 September. Sedangkann 10 September adalah perayaan Hari Guru Hongkong. Kemudian di Korea Selatan, Hari Guru diperingati pada 15 Mei. Adapun Indonesia memperingati Hari Guru Nasional setiap 25 November karena pada tanggal tersebut organisasi guru pertama dan terbesar di negeri ini, yakni Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) telah berdiri. PGRI merupakan organsasi yang berdiri sejak 1945. Namun, baru pada 1994, pemerintah lewat Kepres No 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal berdirinya PGRI sekaligus menjadi Hari Guru Nasional. Penetapan tersebut juga ditegaskan kembali melalui UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Selamat Hari Guru Sedunia! Happy World Teacher Day!


FKGIPS NASIONAL MENGUCAPKAN

SELAMAT HARI GURU SEDUNIA, HAPPY TEACHER DAY

"SEMOGA KITA TETAP BISA MENJADI GURU YANG SELALU IKHLAS BERBAGI ILMU  DAN PUNYA KOMITMEN TINGGI MENCERDASKAN ANAK BANGSA"

Wijaya, M.Pd.
Ketua Umum PP FKGIPS Nasional