Sabtu, 17 Oktober 2020

Menyongsong Hadirnya Rumah Bersama Orprof Guru dan Tendik

Jakarta. Socius. (17/10). Satu momen bersejarah hadir di Hotel Arya Duta Menteng, Jakarta pada 16 Oktober 2020 malam. Dari 59 perwakilan organisasi profesi (orprof) guru dan tenaga kependidikan yang hadir dalam kegiatan “Refleksi Tata Kelola Organisasi Profesi Guru dan Tenaga Kependidikan” pada sesi pleno akhir semua berhasil mencapai kata sepakat untuk merencanakan bersama menyongsong lahirnya sebuah rumah bersama bagi orprof guru dan tendik, tanpa adanya upaya mengintervensi dan menghilangkan independensi masing-masing orprof. 

Salah satu poin penting dari pertemuan seri ke-3 yang difasilitasi Direktorat P3GTK, Ditjen GTK Kemdikbud RI (15-17 Oktober 2020) ini adalah adanya rencana kesepakatan bersama untuk membentuk Forum Organisasi Profesi Guru dan Tendik dengan sekretariat bersama. Keinginan besar bersama ini diharapkan diikuti dengan adanya pembuatan nota kesepahaman yang ditandatangani oleh semua pimpinan orprof guru dan tendik yang ada. Kemdikbud, dalam hal ini Direktorat P3GTK, Ditjen GTK,  benar-benar hanya berperan sebagai fasilitator tanpa ada upaya intervensi sedikit pun. 

Dengan adanya Forum Organisasi Profesi Guru dan Tendik ini diharapkan posisi orprof guru dan tendik sebagai mitra Kemdikbud akan semakin jelas dan terarah. Kemdikbud akan memiliki data yang akurat tentang keberadaan orprof guru dan tendik.

Dari sisi guru dan tendik, hadirnya forum bersama ini diharapkan akan semakin memperkuat posisi guru sebagai tenaga profesional. Selama ini beberapa PR besar bagi guru yang harus bisa dipecahkan, antara lain masih adanya suara miring tentang kualitas profesionalitas guru dan lemahnya perlindungan dan keselamatan guru dalam menjalankan profesinya. Ketiadaan kode etik guru dan dewan kehormatan yang diakui bersama  menyebabkan mudahnya kesalahan guru dalam koridor melaksanakan tugasnya harus berakhir di ranah pidana, tanpa ada proses pembuktian pelanggaran kode etik terlebih dahulu.

Wijaya, Ketum PP FKGIPS Nasional

Dalam pertemuan kali ini Forum Komunikasi Guru IPS (FKGIPS) Nasional hadir diwakili oleh Enang Cuhendi, Waketum III PP FKGIPS Nasional, dan Anwar, Ketua Bidang Pengembangan Keorganisasian PP FKGIPS nasional. Sedangkan Wijaya yang menjadi ketua umum PP FKGIPS Nasional mendapat kepercayaan dari GTK Kemdikbud sebagai fasilitator kegiatan merangkat Tim Pengembang Orprof Guru dan Tendik. 

Kehadiran FKGIPS Nasional di kegiatan ini merupakan kepercayaan yang berkelanjutan dari Kemdikbud sebagai wakil guru-guru IPS sejak pertemuan sesi 1 dan 2 secara daring, dan sesi 1, 2 dan 3 secara tatap muka langsung. Sesi 2 tatap muka sendiri hanya melibatkan perwakilan orprof guru dan tendik sebagai tim pengembang, di mana FKGIPS nasional menjadi salah satu yang ada di dalamnya. (EC-Socius)


Enang Cuhendi, Anwar dan Wijaya

Enang Cuhendi, Sesi Perkenalan FKGIPS Nasional