Sabtu, 31 Oktober 2020

PENGARUH COVID-19 (VIRUS CORONA)

 


Sadimun Gunawan, ST.


Virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang berbahaya bagi manusia. Virus ini menyerang sistem pernapasan yang dapat menyebabkan pneumonia akut, bahkan sampai kematian. Penyakit karena infeksi virus ini disebut covid-19. Kasus covid-19 pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini kemudian menyebar dengan sangat cepat ke negara-negara lain termasuk Indonesia. Salah satu faktor yang menyebabkan cepatnya penyebaran virus tersebut adalah dengan mudahnya perpindahan manusia dari daerah ke daerah lain bahkan dari negara ke Negara lain. 

Sebelumnya beredar kabar bahwa virus corona bisa menular melalui udara, tapi kabar tersebut dipastikan tidak benar. Penularan covid-19 tidak melalui udara tetapi dengan kontak langsung seperti berjabat tangan, atau melalui droplets atau tetesan cairan yang keluar melalui batuk/bersin dan tidak menjaga imunitas. Maka ada baiknya kita mencegah penularan dengan rajin mencuci tangan, tidak pergi ke kerumunan atau menjaga jarak, dan selalu memakai masker. Gejala dari virus corona hampir mirip dengan demam biasa seperti batuk, kelelahan, dan lainnya. Masa ikunbasi untuk penyebaran virus ini belum diketahui secara pasti, namun rata-rata gejala timbul setelah 2-14 hari setelah virus terjangkit di dalam tubuh. Itulah yang menyebabkan virus ini menyebar sangat cepat.

Dalam waktu beberapa bulan saja, virus corona menjadi fenomena alam yang luar biasa. Seperti kita ketahui, setelah kasus pertamanya di Wuhan, China virus ini langsung menyebar ke berbagai negara dan jumlah pasien semakin meningkat. Dalam waktu yang cepat itu, WHO (World Health Organization) atau Badan Kesehatan Dunia menetapkan bahwa ini adalah wabah. Tidak lama setelahnya, semenjak jumlah pasien di dunia mencapai angka >121.000 WHO menetapkan virus corona sebagai pandemi global. Di Indonesia sendiri, pada awalnya terdapat penambahan 100-200 kasus per hari. Tapi saat ini, peningkatan jumlah kasus corona di Indonesia bisa mencapai 1000-2500 kasus per hari. Dan terhitung sudah >160.000 kasus covid di Indonesia saat ini. 

Covid-19 memiliki banyak pengaruh besar di beberapa bidang, salah satunya bidang pendidikan. Semenjak virus ini ditetapkan sebagai pandemi global, pemerintah menginstruksikan untuk melakukan WFH (Work From Home) atau bekerja dari rumah untuk para pekerja dan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) untuk para pelajar secara daring (online) untuk mendukung gerakan physical distancing. Dengan sistem PJJ ini, para siswa/mahasiswa tidak diharuskan untuk datang ke sekolah/kampus melainkan hanya belajar dirumah dengan memanfaatkan sarana pembelajaran online seperti schoology, google classroom, google meet, dan lain sebagainya.

Selain pengaruh tersebut, kehadiran virus corona ini membawa dampak positif dan negatif. Beberapa dampak positif dari virus corona di bidang pendidikan adalah siswa bisa mengikuti perkembangan teknologi dengan memanfaatkan sarana belajar online, bisa belajar atau mencari tahu suatu permasalahan secara mandiri dan meningkatkan kreativitas. Sedangkan dampak negatifnya adalah banyaknya sekolah ditutup, mental siswa terganggu, kegiatan belajar mengajar menjadi kurang maksimal, dan banyaknya keluhan karena tidak semua siswa memiliki fasilitas yang menunjang kegiatan belajar online tersebut.

Mengingat kasus corona ini sudah berjalan 5 bulan setelah diputuskan untuk lockdown dan PSBB di Indonesia belum menunjukan perubahan, maka pemerintah mau tidak mau harus menerapkan sistem new normal guna memperbaiki keadaan perekonomian negara. Tetapi bagi sebagian warga, masa new normal masih meresahkan untuk kembali beraktivitas karena kasus covid masih meningkat. Namun, meski masa new normal sudah dimulai bertahap sejak bulan Juni, sekolah-sekolah masih belum boleh dibuka untuk pembelajaran tatap muka bahkan PJJ masih diperpanjang sampai waktu yang belum ditentukan dan tahun ajaran baru juga dilakukan secara daring (online) dari rumah masing-masing.

Dengan adanya kasus covid di Indonesia ini, kita seharusnya menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan dan imunitas kita. Serta, kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk membantu mencegah penularan virus corona ini. Ingat, jangan keluar rumah jika tidak ada urusan mendesak, selalu pakai masker jika akan pergi dan rajin cuci tangan dan jaga jarak.




Sadimun Gunawan, ST.

SDN Cipete Utara 10 Pagi. Jakarta.