Kamis, 22 Oktober 2020

TOREHAN SEJARAH DARI TASIKMALAYA

Tasikmalaya.Zoom,Socius (21/10) Sebuah torehan sejarah tercatat di Kabupaten Tasikmalaya. Hari ini, Kamis (21/10) untuk pertama kalinya dalam sejarah FKGIPS Nasional telah dilaksanakan prosesi pengukuhan pengurus daerah secara virtual. Adalah FKGIPS Kabupaten Tasikmalaya yang menjadi aktornya. Pagi ini Enang Cuhendi, Ketua PW FKGIPS Jawa Barat mengukuhkan terbentuknya kepengurusan FKGIPS Nasional untuk daerah Kabupaten Tasikmalaya. Prosesi pengukuhan dilakukan secara khidmat melalui aplikasi zoom meeting.

Hadir pada kesempatan ini selain jajaran pengurus daerah FKGIPS Kabupaten Tasikmalaya, guru-guru IPS Kab. Tasikmalaya, juga unsur Disdikbud Kab. Tasikmalaya yang diwakili oleh Hj, Ellien Herlina, S.Pd., M.M. selaku koordinator pengawas SMP Disdikbud Kab. Tasikmlaya. Dalam sambutannya, Enang Cuhendi berpesan agar FKGIPS bisa menjadi rumah kreativitas bersama, guru-guru IPS SMP dan MTs, baik negeri maupun swasta. Kepada pengurus terpilih, ketua PW FKGIPS Jawa Barat ini berpesan agar bisa ikut mengembangkan kompetensi guru IPS di Kabupaten Tasikmalaya, dengan selalu bersinergi membangun kompetensi bersama, untuk kemajuan bersama. "Maju bersama itu lebih indah, daripada maju sendirian." tutur Enang.

Sementara Hj. Ellien Herlina menyambut baik terbentuknya pengurus daerah FKGIPS Kabupaten Tasikmalaya ini. Ibu yang murah senyum ini berharap pengurus terpilih bisa aktif berkarya dan mendukung peningkatan mutu pendidikan di Kab. Tasikmalaya, khususnya dalam mengembangkan kompetensi guru IPS. Hj Ellien yang terkenal aktif pada masa menjadi guru IPS ini sangat bersyukur rencana pembentukan pengurus daeraha FKGIPS Kab. Tasikmalaya yang lama tertunda akhirnya terelaksana dengan baik. 

Pada kesempatan tersebut, Gugi  Gustaman, S.Pd. guru IPS SMPN 1 Culamega terpilih sebagai ketua Pengurus Daerah FKGIPS Kabupaten Tasikmalaya, didampingi oleh Sandi Aging Gustiana, M.Pd. (SMPN 2 Cikatomas) sebagai Sekretaris dan Neni Rohaeni, S.Pd. (SMP Pesantren Cintawana) sebagai bendahara. Jajaran pengurus melibatkan perwakilan hampir dari semua wilayah yang ada di Kab. Tasikmlaya.

Selesai pengukuhan dilanjutkan dengan webinar tentang "Literasi dan penumbuhan budaya menulis di kalangan guru IPS". Tampil sebagai pembicara Enang Cuhendi, S.Pd. MM.Pd, dengan materi yang berjudul " Guru Penulis Pegiat Literasi". (EC-Socius)