Minggu, 01 November 2020

BERKAH PANDEMI COVID -19

Oleh: Mamay Abdullah

SMP Negeri 1 Karawang Barat


Tahun 2020 menjadi tahun yang sangat spesial karena di tahun ini suasana, atau  kondisi yang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena di tahun ini terjadi sebuat kondisi yang melanda tidak hanya di Indonesia bahkan melanda dunia. Berawal dari sebuah kota atau darerah tepatnya kota Wuhan di Cina. Yaitu merebahnya satu virus yang dinamakan  Corona Virus Disease 2019 yang disingkat Covid-19

    Virus ini telah mengubah dunia berbagai aspek terpengaruh oleh kedatangan virus ini sehinggga banyak hal sendi- sendi kehidupan harus menyesuaikan  mulai cara  cara praktik kehidupan harus mengikuti protocol kesehatan untuk menghndar tertularnya  atau terpapar oleh virus ini. Dari lingkunganga rumah tangga, lembaga pendidika sudah barang tentu Rumah sakit yang berhubungan langsung dengan penanganan covid-19 ini.

    Bidang ekonomi, sosial budaya serta hal hal lain harus menyesuaikan dengan upaya penanganan, mengurangi bahkan memutud rantai penularan  dari orang perorang sehingga muncul apa yang dinamakan protocol kesehatan dengan kampanya  3 m yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak di setiap lembaga.

    Untuk mencegah penularan protocol kesehatan menjadi satu keharusan diterapkan di setiap kegiatan baik, pertemuan, perkumpulan, rapat bahkan kegiatan yang sipatnya mengumpulkan masyarakat atau kerumunan harus dihindari.


Dampak Negatif

Dapak negatif yang ditimbulkan dengan adanya wabah ini berbagai segi kehidupan mengalami keterpurukan. Bidang ekonomi  mengalami kemunduran banyak industry yang harus libur bahkan ditutup baik sementara maupun untuk  selamanya. Mal-mal mengalami awalnya tutup dan kalaupun buka harus mengurangai jam operasionalnya. Pabrik pabrik banyak yang tutu kalaupun buka hanya sebagian karyawannnya  secara bergilir  dinon aktifkan sehingga berpengaruh terhadan produktifirasnya bahkan berpengaruh juga terhadak para karyawan yang dirumahkan  seingga berpengaruh juga terhadap penghaasilan karyawan dan tidak sedikit yang di PHK.

    Bidang Pendidikan juga terdampak sehingga para peserta didik dan guru harus menjalankan kegiatan pembelajarannya dari rumah (BDR=belajar dari rumah) yang tentunya banyak menemui kendala  dari mulai jaringan internet yang belum merata di seluruh daerah, kemampuan ekonomi bagi sebagian orang tua untuk mendukung BDR secara online begitu juga kemampuan guru dalam hal penguasaan Ilmu Pemgetahuan dan Teknologi (IT). Karena tdak semua guru menguasai kompetensi IT ini yang tentunya menyebabkan kesulitan yang tidak terelakan dalam meyelenggarakan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena  kegiatan pembelajaran di era Covid-19 ini memaksa kita untuk melakukan model pembelajaran berbasis IT.

Mau tidak mau kita harus menguasai kompetensi atau keterampilan model pembelajaran yang alhamdulillah ini adalah kesempatan buat kita untuk mengasah kemampuan, menambah kompetensi dalam diri kita sebagai insan yang dari waktu ke waktu untuk senantiasa mengasah dan menambah pengetahuan ilmu maupun keterampilan dalam bebagai aspek kehidupan.


Dampak Positif dan keberkahan 


    Wabah pandemic Covid-19 selain menimbulkan dampak negative bagi berbagai aspek kehidupan ternyata bagi kita yang senantiasa harus selalu mengambil hikmah dari setiap kejadian karena Alloh menciptakan sesuatu itu tidak dengan sia-sia tetapi  ada manfaat yang bisa diambil asalkan kita mampu membaca peluang apa yang ada di balik peristiwa yang Alloh ciptakan. Kita dibekali Alloh dengan kemampuan untuk membaca dari peristiwa yang Alloh tebarkan berbagai hal melalui peristiwa sekaligus  Alloh tebarkan berbagai manfaat yang dapat kita raih.


    Di bidang ekonomi ada berkah walau ada sektor-sektor ekonomi yang mengalami kebangkrutan, kelesuan tapi di sisi lain ada banyak peluang yang bisa dibuka antara lain industri rumah tangga membuat masker, sanitizer, industri herbal, industry APD (Alat  Pelindung Diri) dalam upaya menghambat penularan Covid-19 bahkan ada hal baru yang semakin maju yaitu industri penghantaran atau distribusi pengiriman. 


Bidang pendidikan pada awalnya mengalami gap karena ada kesenjangan antara kondisi nyata dan seharusnya proses pembelajaran berjalan. Proses pembelajaran selama masa pandemi menuntut penyelengara pendidikan dan guru/ pendidik harus memiliki kepekaan dan kemampuan mengelola pembelajaran dengan baik yang tentunya dilengkapi kemampuan IT.

Kondisi ini menuntut semua guru mengeluarkan energi positifnya, bagi guru yang sudah menguasai IT tinggal memanfaatkan dalam pembelajaran dan syuku mau berbagi dengan yang lain. Di sini keberkahan ke-3 dari adanya covid-19,  guru jadi memiliki kesempatan untuk terus belajar IT. Ya memang belajar belajar adalah kewajiban yang tidak mengenal batasan waktu atau usia. Covid-19 menjadi trigger bagi guru utuk mengasah dan meningkatkan kemampuan termasuk saya terus mengikuti berbagai pelatihan secara online termasuk empat hari ini mengikuti pelatihan menulis secara virtual yang diselenggarakan oleh FKG IPS Nasional yang digagas oleh Ketumnya  Kang Wijaya Winarja dengan Kang Enang Cuhendi yang hebat. 


Keberkahan juga menyelimuti keluarga saya, yakni dua  anak saya lulusan Aliyah  di era covid-19  di terima di dua perguruan tinggi yakni di LAN Jakarta dan UNJ Jakarta yang ikut seleksi online dari rumah sampai saat ini kuliahnya pun online.

Ada hal lain juga dari kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) saya dan keluarga menyikapi memanfaatkan waktu senggang dengan mengembangkan lebih tepatnya belajar beternak lele, guppy dan ikan mas koki semoga ini juga jalan keberkahan dari senua ini.


Hikmah di bidang kesehatan orang menjadikan covid-19 adalah setiap kita untuk berusaha hidup sehat, gaya hidup sehat yang sebenarnya merupakan kebutuhan dan keharusan dari setiap orang. Hidup  sehat terdiri dari hidup bersih dengan mencuci tangan setia selesai berbagai aktivitas, makan makanan yang sehat, bersih sesuan tuntunan agama kita makanan yang halalan toyyiban.

   

Harapan


    Harapan dengan adanya covid-19 jangan menjadi takut keberadaannya tapi ambilah hikmah di balik kejadian ini dengan menghadapinya yaitu menjadikannya pendorong untuk terus berinovasi, baik di sisi ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Semoga keadaan ini segera berakhir segala hikmah yang kita peroleh dari pandemic ini menjadi keberkahan dalam hidup ini dan kedepannya.