Jumat, 13 November 2020

BKKBN Jabar menggandeng FKGIPS Jabar dan Guru Geografi SMA Finalisasi RPP SSK

Peserta workshop Finalisasi RPP, LKS dan Instrumen Penilaian SSK

Bandung.Socius.(13/10).Selama dua hari dari Kamis  sampai Jumat (12-13/10) BKKBN bekerjasama dengan guru-guru IPS yang tergabung dalam wadah FKGIPS Jabar bekerja keras untuk merampungkan contoh administrasi pembelajaran untuk Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) SMP dan sederajarat. 

Kegiatan workshop bertajuk "Finalisasi RPP, Lembar Kerja Siswa dan Instrumen Penilaian untuk jalur formal SMP/SMA sederajat." kegiatan ini bertempat di hotel paling bersejarah di Jawa Barat, yaitu Hotel savoy Homman Bandung. Hotel tempat menginap delegasi KAA tahun 1955.

Menurut Irfan Indriastono selaku ketua panitia, kegiatan ini merupakan lanjutan kegiatan sebelumnya di Bidang Pelatihan dan Pengembangan BKKBN Jabar 28-29 Juli lalu. Lebih jauh lelaki berkacamata yang sehari-hari menjabat sebagai Koordinator Bidang Pengendalian Kependudukan BKKBN Jabar melaporkan bahwa kegiatan di Savoy Homan ini merupakan finalisasi untuk menghasilkan  output akhir contoh administrasi pembelajaran SSK, berupa RPP, LKS dan instrumen penilaian untuk SSK.

Di tempat yang sama Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat, Drs, Kusmana, menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tak terhingga kepada guru-guru IPS dan Geografi yang selalu mendukung program BKKBN. 

Drs. Kusmana, Kaper BKKBN Jabar

Sosok ramah dan humoris ini tidak lupa menyampaikan program-program  BKKBN yang sedang rebranding. "BKKBN saat ini tanggungjawabnya sangat berat karena mendapat amanah baru dengan dimasukannya bidang kependudukan sebagai bidang garapan baru BKKBN. BKKBN bukan lagi Badan Koordinasi Keluarga berencana Nasional, tetapi Badan Kependudukan dan Keluarga Berncana nasional. Dengan demikian pengendalian masalah kependudukan menjadi tanggung jawab BKKBN, tidak hanya urusan KB." tutur ayah Uung, panggilan akrab Kaper BKKBN Jabar ini.

Kegiatan diikuti 16 peserta masing-masing 8 guru IPS SMP dan 8 guru Geografi SMA dengan masing-masing digawangi narasumber Yanto Surya Hadiyanto dari SMPN 1 Cisolok dan Yayan Moch. Ramdhan dari SMAN 1 Cisolok, Sukabumi. Peserta dan narasumber IPS kebetulan para pengurus inti di PW FKGIPS Jabar yang sudah terbiasa menjadi instruktur nasional, provinsi maupun kabupaten/kota di bidang kurikulum dan SSK. 

Tindak lanjut dari kegiatan ini berupa sosialisasi secara virtual pada akhir November ini dan pembagian perangkat administrasi SSK kepada seluruh guru IPS dan Geografi di Jawa Barat. (Enang Cuhendi-Socius).