Kamis, 26 November 2020

PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PPG DALAM JABATAN SISTEM DARING

Oleh SovyLoysa Yanyarti Bay, S.Pd 

Kabupaten Rote Nda,Nusa Tenggara Timur



Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk menyiapkan guru-guru profesional dalam rangka mewujudkan tujuan  pendidikan nasional. Dalam hal ini sebagai seorang mahasiswa pendidikan profesi guru dalam jabatan (PPG Daljab ) Universitas Pendidikan Bandung angkatan 3 program studi IPS kelas 2 Tahun 2020 PPL merupakan salah satu syarat untuk dapat melanjutkan PPG ke tahap berikutnya yaitu UKMPPG.

Didalam pelaksanaanya tahun ini ada perbedaan dengan Program PPL sebelumnya, dimana dosen dan guru pamong tidak turut serta hadir langsung ke lokasi PPL untuk memantau kegiatan belajar mengajar dikarenakan adanya virus corona yang menyebar di beberapa daerah dan derah tersebut dinyatakan zona merah sehingga memberlakukan penutupan sekolah oleh karena itu PPL tahun 2020 PPG dalam jabatan  harus dilaksanakan secara daring. Dalam pelaksanaanya agar dapat berjalan dengan baik ada pemantauan dari dosen dan guru pamong dengan cara pertemuan tahap demi tahap kegitan PPL lewat LMS. 

Pelaksanaan kegiatan PPL sistem daring bisa menggunakan banyak aplikasi salah satunya yaitu aplikasi ZOOM dengan mempersiapkan RPP , Bahan ajar, Media pembelajaran, LKPD dan Evaluasi yang harus berorientasi HOTS dan TPACK sehingga dalam pelaksaannya dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan pembelajaran Abad 21 dalam rangka persiapan peserta didik menyongsong revolusi industri 4.0

Pelaksanaan kegiatan PPL selain melakukan kegiatan pembelajaran mahasiswa PPG juga melaksanakan kegiatan non mengajar untuk menunjang kinerja. Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dalam kegiatan non mengajar seperti tugas piket perpustakaan membantu administrasi sekolah dan kegitan ekstrakurikuler lainnya.

Adapun didalam pelaksanaan PPL secara daring selain ada kegiatan non mengajar, mahasiswa juga melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk menemukan permasalahan belajar peserta didik sehingga dapat dicarikan solusinya dengan harapan hasil belajar peserta didik terus meningkat. Dalam melakukan penelitian, mahasiswa dapat dibantu oleh Guru senior atau teman sejawat yang berperan sebagai obeserver dan didalam proses penyusunan laporan PTK, dosen dan guru pamong terus membimbing mahasiswa hingga laporan PTK tersebut dapat tuntas dengan baik. 

Kendala yang dihadapi dalam pelaksaan PPL Sistem daring  adalah gangguan signal di Sekolah asal tempat dilaksanakannya PPL, Sehingga terkadang dalam pelaksanaannya terputus sehingga menyebabkan pembelajaran terhenti sejenak, dan juga banyak peserta didik yang masih belum memiliki HP Android sehingga mahasiswa sulit untuk melakukan pembelajaran sistem daring menggunakan aplikasi. Namun kendala tersebut dapat diatasi dengan cara mendata peserta didik yang mempunyai HP android sehingga dapat mengikuti PPL daring yang dimana hasil rekaman vidio praktek  PPL tersebut diunggah pada laman Youtube dan membagikan link melalui LMS kepada dosen, guru pamong dan teman PPG dan didiskusikan untuk dilakukan review.

Review yang dilakukan oleh Dosen dan guru pamong yaitu dengan mengisi form yang telah tersedia dan diunggah di LMS kemudian diperdalam lagi dengan adanya pertemuan setiap sesi via web meeting. Kendala jarak tidak membatasi tujuan dari review itu sendiri, berdasarkan masukan yang diberikan dosen dan guru pamong, mahasiswa dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kegiatan yang telah dilaksanakan sehingga dapat direncanakan dan dilakukan perbaikan pada praktik pembelajaran selanjutnya.