Rabu, 27 Januari 2021

Anggota Resmi FKGIPS Jabar Mendapat Pelatihan Menyusun Soal Model AKM

Socius Media. Bandung.(27/1). Bukan latah atau terbawa ramainya suasana tapi terdorong oleh kebutuhan untuk meningkatkan kompetensi sekaligus sebagai respon positif pada kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Sekira 160 guru IPS Jawa Barat berlatih menyusun soal model AKM dalam kegiatan bertajuk Pelatihan Menyusun Soal Model AKM. 

Kegiatan yang difasilitasi PW FKGIPS Jawa Barat ini dilaksanakan dengan pola virtual meeting memanfaatkan aplikasi Zoom meeting dan kerja mandiri dari 21 sampai 27 Januari 2021.  Dalam kegiatan virtual meeting hari pertama peserta mendapat pembekalan berupa paparan konsep AKM, teknis pelaksanaan AKM, Asesmen literasi membaca dan asesmen numerasi oleh Jajang, M.Pd., Sedangkan pada sesi kedua Sulistyowati, M.Pd. sebagai nara sumber membekali peserta tentang teknik menyusun soal model AKM. Kegiatan hari berikutnya peserta harus melaksanakan kerja mandiri untuk membuat contoh soal literasi dan numerasi. Pada kegiatan terakhir 27 Januari 2021 dilakukan pembahasan atas soal yang sudah dibuat pada sesi kerja mandiri.

Antusiasme peserta pada kegiatan yang hanya diikuti oleh anggota resmi FKGIPS Jabar ini termasuk luar biasa. Dari kegiatan hari pertama, kerja mandiri sampai penutupan sebagian besar peserta masih bertahan secara aktif.

Menurut Enang Cuhendi, S.Pd., MM.Pd. kegiatan ini memang hanya dapat diikuti oleh anggota yang sudah resmi bergabung bersama FKGIPS Nasional. "Kami mencoba memberikan pelayanan khusus kepada lebih dari 450 rekan-rekan guru IPS di Jawa Barat yang telah menjadi anggota resmi FKGIPS Nasional. Prasyarat anggota resmi ini tentunya harus sudah memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) atau minimal sudah memiliki Nomor Pokok Anggota (NPA) kalau KTA nya belum jadi. Kegiatan berupa layanan khusus ini akan terus diberikan untuk waktu-waktu ke depan." jelas ketua PW FKGIPS Jabar ini. 

Pria yang sehari-hari berdinas di SMPN 3 Limbangan Kabupaten Garut ini juga menyampaikan bahwa pada bulan Februari akan kembali ada pelatihan atau kegiatan, baik untuk anggota resmi maupun guru-guru IPS secara umum. "Ini semua untuk menunjukkan eksistensi dan komitmen FKGIPS Nasional, khususnya PW FKGIPS Jabar dalam meningkatkan kompetensi guru-guru IPS", tutur Enang. ( Socius 01)