Minggu, 24 Januari 2021

CATATAN KECIL PENGDA FKGIPS KABUPATEN BOGOR

oleh
Kiswan Nurbiantoro, M.Pd.

Pada kesempatan ini saya memberanikan diri untuk membuat catatan kecil. Ini semata karena termotivasi dari kegiatan “PELATIHAN MENULIS DAN AKM” yang diselenggarakan Pengda FKGIPS Kabupaten Bogor pada Sabtu, 23 Januari 2021 secara virtual/zoom meeting.

Dalam pelatihan tersebut Kang Catur Nurrochman Octavian, M.Pd. sebagai nara sumber ke-1 menyampaikan materi tentang dasar dan teknik menulis. Ia mengungkapkan melalui motivasinya bahwa  MENULIS  ITU MUDAH, maka yang harus kita lakukan adalah 3M, tentunya bukan protokol kesehatan, tetapi menulis, menulis, dan menulis.

Kang Enang Cuhendi, S.Pd., M.M.Pd.sebagai nara sumber ke-2 menyampaikan materi  motivasi untuk menulis,  dengan judul besarnya MENULIS, YUK!  Dalam sesi tersebut ketua PW FKGIPS Jawa Barat ini selain memberikan motivasi secara lisan juga memberikan sebuah ilustrasi atau contoh tentang seorang penulis hebat, seperti  Nick Vujovic. Nick dengan segala keterbatasannya tidak memiliki tanpa kedua buah tangan dan kaki begitu gigih dan semangat untuk menghasilkan karya berupa buku yang luar biasa banyak. Dalam pandangan daya Nick sungguh keren..

Sesuai judul, maka catatan yang akan saya kemukakan terkait dengan perjalanan FKGIPS Kabupaten Bogor. Sebuah catatan ringan bernuansa historis. Pertama, Pengurus Daerah FKGIPS Kabupaten Bogor dibentuk pada tahun 2017 dan dikukuhkan dengan menerima SK dari PW FKGIPS Jawa Barat bertempat di Bandung.

Pada Pebruari 2018 Pengda FKGIPS Kabupaten Bogor mengalami restrukturisasi organisasi. Pada awalnya FKGIPS Kabupaten Bogor, di ketuai oleh bapak Drs. Totok Marwanto, M.Pd., sedangkan saya sebagai wakil ketua pada saat itu. Dikarenakan kesibukan beliau sebagai pengawas yang hebat, sering melakukan kunjungan ke daerah daerah di pelosok tanah air, seperti memberikan pelatihan, TOT dan lain lain, sehingga karena kesibukannya pada bulan tersebut saya, Kiswan Nurbiantoro, melalui rapat pengurus menggantikan beliau menjadi Ketua. Sedangkan beliau dalam kepengurusan yang baru menjadi pembina atau pengarah.

Dalam melaksanakan kegiatan Pengda FKGIPS Kabupaten Bogor selalu bekerja sama dengan MGMP IPS Kabupaten Bogor. Ini dikarenakan  FKGiPS merupakan mitra yang strategis dari MGMP IPS. Hadirnya FKGIPS bukan merupakan pesaing MGMP IPS, tetapi sebagai mitra, sekaligus rumah besar kedua bagi guru-guru IPS. Untuk itulah dalam aktivitasnya bisa bersinergi dan saling mengisi guna mewadahi guru-guru hebat mata pelajaran IPS. 

Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan FKGIPS Kabupaten Bogor antara lain :

  1. Pelatihan membuat perangkat soal USBN tahun 2018.

  2. Pelatihan penggunaan IT dalam pembelajaran tahun 2018.

  3. Terciptanya kegiatan yang selaras dan harmonis dalam kegiatan Peningkatan Kompetensi Pembelajaran /PKP tahun 2019.

  4. Pelatihan Menulis dan Assesmen Kompetensi Minimum bagi guru guru hebat di Kabupaten Bogor, khususnya guru IPS. Walaupun pelatihan ini sempat tertunda sebanyak dua kali, tetapi akhirnya bisa terlaksana.

  • Pertama,  pelaksanaan pelatihan secara tatap muka direncanakan akan dilaksanakan pada Nopember 2019, dikarenakan disibukkan oleh kegiatan PKP, karena banyak guru guru hebat yang menjadi guru inti dan guru sasaran, sehingga pelaksanaannya ditunda

  • Kedua, direncanakan akan dilaksanakan secara tatap muka pada 21 Maret 2020. Padahal panitia sudah mempersiapkan sedemikian rupa, dari tempat kegiatan, spanduk, ATK, undangan  dan sertifikat sudah di cetak dan ditandangani tinggal menunggu tanda tangan Kepala Dinas. Ternyata menjelang pelaksanaan terbitlah  surat edaran dari Pemerintah Daerah/Bupati dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, yang melarang semua kegiatan seperti; seminar, workshop,simposium, pelatihan pelatihan atau sejenisnya yang melibatkan   orang banyak untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid 19. Sempat kesal juga sih dengan keadaan tersebut, tetapi Allah SWT berkehendak untuk yang terbaik.

  • Ketiga, Alhamdulillah pada Sabtu, 23 Januari 2021 dapat terlaksana kegiatan Pelatihan Menulis dan AKM tersebut, walaupun dilkasanakan secara virtual atau zoom meeting.Dengan terlaksananya kegiatan pelatihan tersebut, kami selaku ketua Pengda FKGIPS Kabupaten Bogor dan seluruh panitia serta  guru guru hebat di Kabupaten Bogor, bahkan ada ibu Surya Ira dari Riau yang ikut serta dalam kegiatan ini, mengucapkan terimakasih yang setinggi tingginya kepada;

1) Kang Enang Cuhendi, M.M.Pd. selaku ketua PW FKGIPS Jawa Barat, yang telah memfasilitasi kegiatan zoom meeting tersebut, dikarenakan PW sudah memiliki akun zoom room yang bisa dipakai untuk kepentingan bersama. Dan terimakasih pula kepada beliau yang telah berkenan menjadi nara sumber dan berdiskusi dengan guru guru hebat di Kabupaten Bogor

2) Kang Catur Nurrochman Octavian, M.Pd. dengan kondisi kesehatan yang sedang kurang fit dikarenakan sedang melakukan isolasi mandiri, tetapi dengan semangat yang tinggi beliau siap menjadi nara sumber guna berdiskusi dengan guru guru hebat.

3) Ketua Forum MGMP IPS Kabupaten Bogor, ibu Hj.Neneng Solihat, M.M.Pd. dan teman teman ketua MGMP IPS di 5 wilayah, yang telah membantu kami, baik materi maupun non materi sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

4) Teman teman, sahabat dan guru guru hebat Kabupaten Bogor yang berkenan menjadi peserta dalam  pelatihan tersebut.


Akhirnya dengan terlaksananya kegiatan pelatihan tersebut, kami  memiliki keyakinan bahwa segala sesuatu yang kita rencanakan dengan kematangan berfikir dan meminta pendapat atau masukan  dari berbagai pihak, maka akan dapat terlaksana dengan baik. Repetitions is the mother of skills. Pengulangan adalah merupakan ibu dari kemahiran. Untuk menJadi orang yang mahir harus dilakukan secara berulang ulang.  


Sebagai penutup, sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada guru guru hebat, handai taulan, ataupun semua pihak yang berkenan untuk membaca catatan kecil ini.


Tim sukses dibalik kegiatan FKGIPS Kab. Bogor


COMING SOON “ BAGAIMANA MENGGUNAKAN  IT DI ERA KINI UNTUK MENJADI GURU HEBAT “



KISWAN NURBIANTORO, M.Pd.

Kiswannurbiantorog



c@gmail.com

KETUA PENGDA FKGIPS KABUPATEN BOGOR