Kamis, 21 Januari 2021

FKGIPS NASIONAL PEDULI BENCANA

 

Penyerahan donasi untuk korban bencana longsor di Cimanggung, Sumedang, Jabar
oleh Ketua PW FKGIPS Jabar (21/1)

 
Sociusmedia. Bandung (21/1). Nusantara sedang berduka. Aneka bencana terjadi di berbagai tempat di tanah air. Longsor, banjir, gempa, gunung meletus berturut-turut terjadi. Korban banyak berjatuhan. Harta yang hancur pun tidak terhitung. Tangis pilu dan rasa sedih korban menggugah nurani sesama anak bangsa.

Merespon terjadinya bencana ini dan sebagai bentuk empati kemanusiaan, FKGIPS Nasional selama seminggu ini menggalang donasi untuk korban bencana. Setidaknya untuk saat ini ada beberapa titik bencana yang direspon. Gempa di Majene-Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Banjir di Kalimantan Selatan, Longsor di Cimanggung, Sumedang Jawa Barat dan Banjir di Kawasan Gunung Mas, Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat merupakan titik-titik bencana yang menjadi fokus perhatian.

Donasi untuk Majene dan Kalsel dilakukan secara nasional masing-masing dikoordinir oleh Pengurus Wilayah FKGIPS Sulawesi Selatan untuk bencana gempa Majene dan FKGIPS Kalimantan Selatan bekerjasama dengan MGMP IPS Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan menggalang donasi untuk banjir di Kalsel.

Khusus untuk bencana di Jabar penggalangan donasi hanya dilakukan secara lokal di wilayah Jabar saja. Pelaksanaan penggalangan dana untuk bencana longsor Cimanggung yang menewaskan 45 orang dikoordinir oleh PW FKGIPS Jabar. Sedangkan untuk banjir di Gunung Mas titik koordinasi ada di Pengda FKGIPS Kabupaten Bogor.

Donasi untuk bencana Cimanggung sudah diserahkan langsung oleh Ketua PW FKGIPS Jawa Barat, Enang Cuhendi, S.Pd., MM.Pd. didampingi oleh beberapa pengurus wilayah dan daerah pada Kamis ini (21/1). Penyerahan donasi dilakukan bekerjasama dengan Relawan Kemanusian Aksi Cepat Tanggap (ACT) Foundation yang sudah memiliki cabang tersebar di 30 provinsi dan 100 kabupaten/kota di Indonesia.

Penyerahan piagam kemanusiaan dari ACT untuk FKGIPS Jawa Barat

"Upaya yang kami lakukan hanya sebuah langkah kecil. Donasi yang diberikan juga nilainya tidak seberapa. Walau begitu semoga semua ini bernilai guna untuk sedikit meringankan penderitaan sesama dan menjadi wujud solidaritas kemanusiaan. In sya Allah, FKGIPS Nasional akan selalu responsif terhadap bencana yang terjadi di sekitar kita." papar Enang Cuhendi kepada Socius Media.

Pada kesempatan tersebut juga tercapai kesepakatan antara PW FKGIPS Jawa Barat dengan ACT Foundation untuk bekerjasama melakukan penggalangan donasi bencana secara bersama dan melakukan kegiatan edukasi kebencanaan untuk guru-guru IPS di Jawa Barat. (Socius 01).