Sabtu, 23 Januari 2021

Menulis Itu Mudah

 

Sebagian peserta di layar Pelatihan Menulis dan AKM FKGIPS Kab. Bogor (23/1)

Sociusmedia. Depok (23/1). "Menulis itu mudah." Itulah kalimat yang meluncur dari Catur Nurochman Oktavian mengawali sesi awal Pelatihan Menulis dan AKM melalui zoom meeting hari ini. 

Lebih lanjut Kang Catur, demikian narasumber ini biasa disapa, menyampaikan bahwa tidak ada kata terlambat untuk menulis. Menulis merupakan suatu keterampilan yang tidak membutuhkan bakat khusus, tetapi memerlukan proses latihan yang berkelanjutan. 

"Lebih baik membuat tulisan yang buruk sehingga dapat diperbaiki, daripada tidak menghasilkan sebuah tulisan." tandas  redaktur pelaksana majalah Suaraguru  PGRI ini. 

Pada kegiatan yang digagas Pengda FKGIPS Kabupaten Bogor ini selain Catur juga hadir pemateri lain. Enang Cuhendi menjadi pemateri kedua. 

Pada kesempatan yang diikuti 93 guru IPS Kabupaten Bogor dari 145 pendaftar ini Enang yang juga Ketua PW FKIPS PGRI Jawa Barat mengajak peserta untuk berani mulai menulis.

"Menulis, yuk!'' demikian ajakan narasumber yang juga koordinator Socius Writer Club ini. Menurut Enang kalau ingin bisa menulis peserta harus berani membuang semua alasan dan mulai menulis dari sekarang. "Sehebat apapun trainer pelatihan menulis itu tidak ada artinya kalau peserta tidak mau mencoba untuk mulai menulis. Mulailah untuk menulis!" ujarnya.

Selain memberikan motivasi untuk menulis, sesuai permintaan panitia Enang Cuhendi juga sekilas mengenalkan tentang Assesmen Nasional (AN). Menurutnya AN tidak perlu ditakuti karena tidak menentukan kelulusan, justru harus direspon secara positif agar titik lemah satuan pendidikan bisa terpotret dan jadi modal perbaikan pasca AN sehingga melahirkan mutu pendidikan yang lebih baik.

Kiswan Nurbiantoro, M.Pd., Ketua Pengda FKGIPS Kab. Bogor


Pelatihan Menulis dan AKM ini selain untuk menguatkan jalinan kebersamaan di antara guru-guru IPS di Kabupaten Bogor, menurut Kiswan Nurbiantoro selaku ketua panitia juga  untuk meningkatkan pemahaman akan kompetensi menulis. 

"Melalui pelatihan ini diharapkan akan memunculkan lebih banyak lagi karya-karya yang inovatif." tutur Kiswan yang juga ketua Pengda FKGIPS Kabupaten Bogor menutup pembicaraan dengan Socius., (Socius 01)