Sabtu, 23 Januari 2021

Pisah Sambut Ketua, MGMP IPS Kota Depok adakan Seminar PTK

Seminar PTK MGMP IPS Kota Depok

Sociusmedia. Depok (23/1) Sebagai organisasi profesi yang dinamis, perubahan pengurus MGMP IPS Kota Depok merupakan sesuatu yang lumrah. Lolosnya Hj. Afifah menjadi penilik, yang notabennya adalah ketua MGMP IPS Kota Depok membuat kekosongan posisi Ketua. Maka pada Senin, 18/1/2021 MGMP IPS Kota Depok mengadakan pengukuhan Ketua baru.

Berbeda pada umumnya acara pisah sambut pergantian pimpinan. MGMP IPS kota Depok juga sekalian mengadakan seminar PTK sebagai bentuk pengembangan kompetensi guru-guru dalam berorganisasi.

Acara dibuka oleh Bapak Yusuf selaku Kasi kurikulum. Pada sambutannya, Bapak yusuf menyampaikan 2 hal terkait kebijakan Dinas pendidikan kota Depok.

"Sebagai wujud kesiapan pembelajaran BDR, dinas pendidikan Kota Depok me-launcing YouTube channel untuk sumber pembelajaran daring" terang Bapak yusuf dalam acara zoom meeting tersebut.

Selain itu, dinas Pendidikan Kota Depok bekerjasama dengan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok membuat Ruang Konsul. “Sebenarnya di sekolah-sekolah sudah ada Klinik Belajar yang ditangani oleh guru Bimbingan Konseling dan juga guru mata pelajaran tertentu. Tetapi, ini dibuat lebih luas lagi dengan nama Ruang Konsul,” tuturnya

Acara dilanjut dengan seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang disampaikan oleh 4 (empat) orang guru mata pelajaran IPS. Ke-4 guru tersebut yaitu : pertama, Ibu  Poppy Zulhana, M.Pd dari SMPN 19 Depok. Ke-dua, Dra. Sri Subekti M.Pd dari  SMPN 26 Depok. Ke-tiga, Martini M.Pd dari SMPN 9 Depok. Dan ke-empat, Suhandini, MM dari SMPN 9 Depok.

Nur Dewi Afifah, Ketua MGMP IPS Kota Depok yang lama

Setelah seminar  berakhir, acara dilanjutakan dengan pisah sambut ketua lama ke Ketua yang baru. Hj. Afifah selaku ketua demisioner menyampaikan : "saya mohon maaf jika selama menjabat ketua ada salah dan khilaf. Do'akan saya, semoga lancar dalam mengemban tugas sebagai penilik".

Setelah sambutan dari Hj. Afifah, ketua MGMP IPS yang baru Erik Kurniawan di daulat untuk memberikan sambutan perdananya.

"saya sampaikan selamat kepada Hj. Afifah dan sukses di tempat yang baru." terang pria yang biasa di panggil Gus Er tersebut.

Selanjutnya, harapan ketua yang baru adalah adanya soliditas dan sinergitas antar pengurus dan anggota sehingga MGMP IPS kota Depok semakin berjaya. 

Erik Kurniawan, Ketua MGMP IPS Kota Depok yang baru.

"Kita dalam berorganisasi harus mampu menumbuhkan semangat memperbaiki diri sehingga bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain khususnya untuk murid-murid yang kita didik", pungkas Erik Kurniawan.

Acara diakhiri dengan do'a yang dipimpin oleh Hj. Afifah dan ditutup tepat pk 15.00 WIB

Penulis : Erik Kurniawan