Rabu, 27 Januari 2021

Seru dan Happy di Game Edukasi

Mr. Opick bersama karya inovasinya


Senin, 26/1/2021 tepat pukul 18.10 WIB pesan masuk di grub WA Forum MGMP IPS Kota Depok. Pesan berasal dari Mister Opik demikian biasa teman-teman sejawatnya memanggil Taufiq Ibrahim, salah satu guru IPS yang telah beberapa kali menyabet penghargaan inobel (inovasi pembelajaran) tingkat nasional. 

Pria yang sehari-hari mengajar di SMPN 14 Depok itu sering membuat suasana "ger-geran" (baca : seru) grub WA. Isi pesan tersebut adalah ajakan kepada anggota grub WA Forum MGMP IPS Kota Depok untuk mengikuti uji coba game pembelajaran. "Game Edukasi Online ini saya beri nama Game Indikasi yang merupakan kepanjangan dari Indonesia di Masa Kemerdekaan sampai Masa Reformasi, pada materi IPS Kls 9 Semester Genap bab 4", terang Taufik Ibrahim. 

Syarat peserta yang ingin mengikuti game tersebut antara lain: 1. Siapkan Smartphone Masing2 2. (Jika sempat) Siapkan Materi IPS "Indonesia di Masa Kemerdekaan sampai Masa Reformasi" 3. Membuka link yang disediakan di grup WA 4. Maksimal peserta 50 Orang (Siswa) 5. Durasi Waktu game ditentukan 60 menit Game edukasi yang dimulai Pk 20.00 WIB tersebut membuat grub WA Forum MGMP IPS kota Depok semakin rame. 

Suasana kompetensi terasa semakin seru ketika Mister opik menjanjikan doorpres untuk 3 orang yang memiliki scor terbaik. Doorprize tersebut antara lain : Juara 1, mendapatkan hadiah buku antologi karya opikibra30 dkk berjudul "Meraih Hidayah Alloh di Masa SMA". Juara 2 mendapatkan Cemilan Opak Opik 2 Bungkus. dan Juara 3 mendapatkan camilan Opak Opik 1 bungkus. 3 (tiga) peserta yang beruntung dengan nilai terbaik yaitu : juara 1 atas nama Bibit Wiyana, juara 2 atas nama Rianti Septiana Dan terakhir juara 3 atas nama Rofiah Rosyid. "Bukan masalah hadiah atau juara. Tapi saya mau share ide aja", pungkas Taufik Ibrahim merendah. 
Skor akhir game edukasi IPS Depok


Dihubungi secara terpisahkan, Evi Jaya selaku Humas dan kerjasama MGMP IPS kota Depok menerangkan :"Saya mewakili ketua MGMP IPS dan teman-teman guru IPS kota Depok mengucapkan terimakasih kepada pak Taufik Ibrahim. Kita tunggu lagi inovasi-inovasi pembelajaran dari pak Taufik dan juga rekan-rekan guru IPS lainnya". 

 Kontribor : Gus Er