Selasa, 23 Februari 2021

Cari Aman di Era Informasi


Oleh Enang Cuhendi

Dalam sebuah talkshow di channel Youtube TVOne, Prof. Dr. Salim Haji Said, seorang guru besar ilmu politik, mengatakan bahwa hidup pada masa sekarang lebih baik cari aman saja. Caranya dengan tidak banyak berkomentar atau mengomentari hal-hal yang tidak perlu untuk dikomentari.

Secara pribadi penulis setuju dengan apa yang disampaikan Prof. Salim Haji Said. Memang benar adanya bahwa untuk keselamatan diri, keluarga dan tentramnya kehidupan untuk saat ini langkah seperti yang disampaikan penulis buku Dari Gestapu ke Reformasi tersebut perlu dilakukan. Kita tidak perlu banyak mengomentari hal-hal yang tidak perlu dikomentari.

Di era kejayaan media sosial seperti sekarang berbagai aplikasi media sosial bermunculan. Kita mengenal adanya berbagai media sosial, seperti: twitter, facebook, istagram, telegram, tiktok, Line,  MiChat dan sebagainya. Kemudian kita pun mengenal aneka portal berita berbasis aplikasi, seperti halnya aplikasi Baca Berita atau Babe, Kompas.com. Liputan6.com, IDN App, Kurio, Tribunnews.com dan banyak lagi yang lainnya.

Semua aplikasi tadi memberi banyak  kemudahan untuk mengases berita dan berkomunikasi. Aneka berita terbaru dan terhangat bisa dengan mudah kita dapat. Selain itu kemudahan untuk berkomunikasi dan berinteraksi juga sangat mudah kita nikmati. Bahkan semua memuat kolom khusus agar pengguna atau warganet bisa saling berkomentar atau berinteraksi.

Nah, terkait dengan kemudahan menulis komentar ini yang perlu benar-benar mengedepankan asas kehati-hatian. Salah-salah kita memberikan komentar kita bisa terlibat dengan masalah besar. apalagi kalau komentar yang diberikan bersinggungan dengan masalah SARA, tidak beretika atau mengandung unsur penghinaan dan ujaran kebencian. Saat ini jangan sembarangan memberikan komentar di media sosial atau aplikasi berita. Salah kita berkomentar urusannya bisa jadi panjang. Apalagi terkait dengan pemerintahan. Kita tidak pernah tahu akan masalah yang timbul ke depan pasca kita melontarkan komentar.

Menurut Prof. Salim Said dalam sistem pemerintahan sekarang kita tidak pernah tahu siapa yang sebenarnya berkuasa. Berbeda dengan zaman Orde Baru yang menurutnya bisa dengan mudah mengatakan kalau yang berkuasa saat itu adalah mantan Presiden Soeharto. Di saat kita memenuhi permintaan Presiden Joko Widodo untuk mengkritik, ternyata ada orang lain atau orang dekat di pemerintahan yang kepentingannya terganggu dan mempersoalkan. Masih menurut Salim Said, di era oligarkhi sekarang, saat bukan satu orang yang berkuasa, banyak orang kepentingan-kepentingan  yang kita salah duga. Kita mengkritik A, yang marah malah bisa B atau C.   

Bijaklah dalam berkomentar, bahkan bila perlu tidak usah kita berkomentar bila memang tidak perlu, Cari aman saja jangan sampai menjadi terlapor karena dalih pelanggaran UU ITE. Sikap kritis sangat diperlukan, tapi sikap cari aman juga mutlak dibutuhkan. ada cara lain selain mengkritik, yaitu berkontribusilah secara efektif lewat karya kreatif dan inovatif yang lebih bermakna dan memberi manfaat.

Cerdaslah dalam berliterasi digital. Pahami dan ikuti aturan yang ada. Gunakan perangkat digital kita dengan bijak. Jauhkan diri dari masalah yang mungkin menjerat, saat kita kurang literat. 

Cicalengka, 23 Februari 2021; pukul 10.35