Minggu, 14 Februari 2021

Kolaborasi Kegiatan MGMP IPS Kabupaten Muaro Jambi dan FKG IPS Nasional

 

Sociusmedia.Muaro Jambi (14/2). MGMP IPS Kabupaten Muaro Jambi mengadakan kegiatan Pertama tahun 2021 berkolaborasi dengan FKG IPS Nasional.

MGMP IPS Kabupaten Muaro Jambi tahun 2021 ini agak berbeda dengan suasana tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam kedaan masa pandemi yang mengharuskan kita semua saling menjaga jarak demi kebaikan bersama.

Dihadiri sekitar 79 Guru IPS Kabupaten Muaro Jambi namun tidak semua guru IPS Muaro Jambi mengikuti karena beberapa kendala seperti kendali sinyal yang tidak memungkinkan serta PLN yang mati sepanjang hari.

Kegiatan ini dikemas agak berbeda dan sangat spesial karena dihadiri langsung oleh Ketua Umum PP FKG IPS Nasional yaitu Wijaya, M.Pd.

Susunan kegiatan MGMP IPS Kabupaten Muaro Jambi diawali dengan kata sambutan dilanjutkan  pembukaan kegiatan MGMP IPS Kabupaten Muaro Jambi tahun 2021 oleh Sugiyanto, M.Pd sekaligus sebagai pengawas MGMP IPS Kabupaten Muaro Jambi. Pesan beliau bahwa guru IPS harus menjadi pemandu saat ini dalam pembelajaran karena dengan situasi pandemi ini guru IPS harus paham dengan keadaan yang dialami peserta didik karena IPS ada jurusan ekonomi,geografi,sosiologi dan sejarah semua harus dikuasai oleh peserta didik sedangkan kita rata-rata Kabupaten Muaro Jambi belum seluruhnya memiliki fasilitas yang dikatakan layak untuk melakukan pembelajaran yang diinginkan oleh pemerintah.

 

Mengusung tema “ Belajar dan Berinovasi Saat Pandemi Covid-19” tujuan dari tema tersebut pada dasaranya untuk membakar semangat para guru-guru IPS Kabupaten Muaro Jambi bisa terus belajar dengan keterbatasan yang ada dan di daerah yang sangat terdalam pun harus bisa berinovasi untuk meningkatkan pembelajaran yang memerdekakan peserta didik meskipun masih dalam susasan pandemi covid-19 ini.

Penyampaian selanjutnya yaitu sosialisasi FKG IPS Nasional oleh Wijaya, M.Pd yang paling penting adalah bahwa organisasi ini merupakan mitra dan bagian dari FKG IPS Nasional yang sudah diakui oleh pemeritah sehingga siapa saja bisa membangun organisasi profesi ini dengan baik.

FKG IPS Nasional juga bukan hanya sekedar organisasi untuk gaya-gayaan saja namun organisasi ini sudah memiliki legalitas yang siap memfasilitasi semua guru se Indonesia sehingga bisa dengan mudah guru memasukkan dalam laporan SKP Tahunan bagi guru PNS IPS Se Indonesia. Dukungan para guru IPS sangat dibutuhkan untuk memajukan oraganisasi pofesi ini karena nantinya akan banyak manfaat yang didapatkan oleh guru.

Program yang sedang berjalan yaitu dengan kepemilikan KTA FKG IPS bekerjasama dengan BANK BRI sebagai bukti nyata bahwa FKG IPS Nasional benar-benar sangat serius dalam memfasiltiasi guru IPS.

Energi positif yang terus diberikan oleh Wijaya, M.Pd kepada guru IPS Kabupaten Muaro Jambi sebagai pencerahan awal tahun 2021. Harapan beliau bahwa MGMP IPS Muaro Jambi bisa terus bersama-sama dalam mengembangkan hal positif.

Beliau terus mengajak guru IPS Muaro Jambi menjadi anggota FKG IPS Nasional agar bisa ikut membangun, agar tujuan 2045 bisa menjadikan generasi yang hebat karenan yang menentukan adalah langkah kita saat ini.

Beliau juga menyampaikan bahwa untuk semua guru IPS apalagi mempunyai karya publikasi, tulisan dan artikel, FKG IPS Nasional sudah memiliki fasilitas tersebut untuk dimuat secara online di socius media.


Kegiatan selanjutnya tentang pemanfaatan akun belajar.id oleh Rizki Mega Saputra, S.Pd. Beliau menyampaikan secara umum pemanfaatan akun belajar.id yang sekaligus mengingatkan kepada seluruh guru IPS Muaro Jambi bahwa akun yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoensia bersifat gratis dengan segala jutaan manfaat yang bisa gunakan sebagai penunjang pembelajaran terutama pada saat pandemi yang kita alami saat ini. 

Kegiatan ini berjalan lancar yang dipandu oleh moderator yang sudah berpengalaman sekaligus guru dengan segudang prestasi nasional yaitu Junrotun,S.Pd


Harapan dari guru IPS Kabupaten Muaro Jambi kegiatan positif ini bisa terus terjalin dengan FKG IPS Nasional, tujuannya itu selain sebagai transfer ilmu juga menambah silaturahmi dengan orang-orang hebat yang bisa menjadikan kebaikan dan memacu semua guru terus berinovasi setiap kegiatan yang dirancang.

RMS(Socius.03)