Minggu, 28 Februari 2021

PEMANFAATAN AKUN BELAJAR.ID

 Oleh Nursyamsi, Pare-pare Sulsel

Memasuki bulan kesebelas sejak siswa belajar dari rumah akibat adanya pandemi covid-19, membuat beberapa guru dan peserta didik bingung menggunakan metode dan model pembelajaran untuk kelancaran aktivitas pembelajaran dengan jarak jauh. Pemerintah kemudian hadir memberikan beberapa solusi, salah satunya yaitu melalui peluncuran Akun Pembelajaran dengan domain belajar.id. pada hari Jumat, 11 Desember 2020. Akun elektronik tersebut dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik. Akun ini diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) dengan tujuan mendukung kegiatan Belajar dari Rumah (BDR) di masa pandemi. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua PGRI kota Parepare bapak H.M.Makmur, S.Pd.,M.M. menyambut hangat dengan menggandeng bapak Haeruddin,S.Pd.Gr. yang merupakan duta rumah belajar kota Parepare untuk mengadakan kegiatan Workshop Pemanfaatan Akun belajar.id terintegrasi dengan Rumah Belajar untuk pembelajaran jarak jauh bekerjasama dengan Google For Education. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 februari – 1 Maret 2021 melalui google meet, youtube, dan google class room, dan pendaftaran peserta dilakukan secara online melalui google form dengan jumlah pendaftar 68 orang dari berbagai jenjang yaitu guru SD, SMP, dan SMA se kota Parepare.

Rabu, 24 Februari 2021 pukul 08.00 WITA, Kegiatan diawali dengan acara pembukaan oleh ketua PGRI Kota Parepare. Beliau menyampaikan harapan-harapannya kepada peserta workshop untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dalam kegiatan workshop. Beliau juga tidak lupa mengenalkan tentang akun pembelajaran yang merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik. Dalam sambutannya disampaikan pula bahwa Kemendikbud menyarankan peserta didik, pendidik, serta tenaga kependidikan untuk menggunakan Akun Pembelajaran karena beberapa alasan yaitu:

  1. Akun Pembelajaran akan menjadi salah satu jalur komunikasi resmi Kemendikbud ke peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan,

  2. Akun Pembelajaran akan digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi resmi Kemendikbud,

  3. Materi dan informasi dari Kemendikbud, misalnya terkait bantuan pemerintah dan Asesmen Nasional, akan dikirimkan ke alamat pos elektronik Akun Pembelajaran.

Kegiatan workshop dilaksanakan secara in-on yaitu pada tanggal 25 – 26 Februari 2021 melalui Google Meet (in) trainer menyampaikan materi dengan mengenalkan fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan dengan menggunakan akun belajar.id. Selanjutnya tanggal 27 februari – 1 Maret 2021, kegiatan dilanjutkan melalui Google Class Room (on) yaitu penugasan kepada peserta workshop. 

Kegiatan on (penugasan) harus diselesaikan sesuai batas waktu yang ditentukan yaitu tanggal 1 Maret 2021. Penugasan berupa mengaktifkan akun belajar.id, membuat folder di Google Drive yang berisi file Google docs, Google Sheets, dan Google Slides, membuat kelas di Google Class Room yang berisi satu postingan pengumuman, melakukan pertemuan melalui Google Meet dengan mengundang satu orang, membuat satu jadwal melalui Google Calendar, dan menampilkan screenshot Gmail akun belajar.id.

Peserta workshop ternyata sangat antusias menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Trainer, sehingga pada hari pertama penugasan, sekitar 30% peserta sudah memasukkan tugasnya di kantong tugas, meskipun batas waktu penyetoran tugas masih lama. Hal ini tentunya dapat kita jadikan ukuran bahwa pemahaman guru untuk memanfaatkan akun belajar.id sudah bagus, dan diharapkan bisa mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran jarak jauh. (Nursyamsi, Parepare, 28/02/2021).