Kamis, 11 Maret 2021

Selamat! Kuota Belajar Kemdikbud Cair Lagi


Infografis Bantuan Kuota Internat Gratis Kemdikbud Tahun 2021 /Humas Kemendikbud RI

Sociusmedia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim mengumumkan pada senin, 01 Maret 2021 melalui saluran youtube Kemendkibud RI mengatakan  bahwa program bantuan kuota belajar 2021 akan kembali mulai disalurkan per bulan Maret ini. Program penyalurkan Kuota belajar ini direncakan akan diberikan hingga 3 bulan ke depan yaitu Maret,April dan Mei 2021.

Mendikbud memaparkan ada sedikit perbedaan, karena kami dengar banyak masukan dari masyaralat untuk meningkatkan fleksibilitas kuota internet. Kami akan berikan kuota belajar dengan giga yang lebih kecil dari kuota belajar sebelumnya. Tapi ini kuota umum, jadi semua akses ke seluruh laman dan aplikasi kecuali aplikasi yang diblokir bisa dilakukan.

Program bantuan kuota belajar ini akan diterima pada tanggal 11-15 pada setiap bulannya dengan masa waktu selama 30 hari sejak diterima.

Rincian yang dilansir dari https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/, penerimaan kuota yang diberikan adalah kuota umum yaitu 7 GB / bulan untuk peserta didik jenjang PAUD, 10 GB / bulan untuk peserta didik jenjang Pendidikan dasar dan menengah, 12 GB / bulan untuk Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah dan 15 GB / bulan Dosen dan Mahasiswa.

Infografis Bantuan Kuota Internat Gratis Kemdikbud Tahun 2021 /Humas Kemendikbud RI

Paket Kuota tersebut merupakan paket akses all network dengan pembatasan akses kepada:

  1. Situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta
  2. Twitter
  3. Instagram
  4. Facebook, dan
  5. Tiktok

Catatan bahwa daftar situs dan aplikasi yang dikecualikan di atas dapat bertambah sewaktu-waktu.

Syarat untuk mendapatkan kuota belajar dari pemerintah yaitu harus terdaftar didapodik atau terdaftar PDDikti serta memiliki nomor ponsel yang aktif atas nama peserta didik/orang tua/anggota keluarga/wali.

Jika belum menerima bantuan atau nomor berubah maka calon penerima melaporkan kepada pimpinan satuan Pendidikan sebelum April 2021, Pempinan/operator satuan Pendidikan menggunggah SPTJM untuk nomor baru dan nomor berubah ke alamat http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id untuk PAUD/Dikdasmen sedangkan untuk alamat http://ppdikti.kemdikbud.go.id untuk mahasiswa dan dosen.

Informasi lebih detail tentang bantuan kuota data internet Kemendikbud, dapat diakses melalui situs resmi https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.
(RMS-Socius02)