Minggu, 04 April 2021

Waspada Pesan Hoax!

 

Oleh Enang Cuhendi


Laman IG fkgipsnasional_official  secara resmi menayangkan seruan untuk hati-hati terhadap pesan singkat yang berpotensi penipuan. Tentunya ini bukan tanpa maksud. Unggahan ini dirilis mengingat banyaknya berseliweran pesan singkat di grup-grup media sosial, seperti whatapps. Termasuk grup WA FKGIPS sendiri, baik tingkat nasional, wilayah maupun daerah.

Pesan yang nadanya hampir sama seputar hadiah gratis dari aneka perusahaan memang tidak pernah surut meramaikan dunia perpesanan di tanah air. Termasuk di grup-grup komunitas yang sejatinya dihuni para profesional minimal lulusan S1. Pesan bernada seperti itu memang menggiurkan dan mampu menghipnotis para profesional yang ada di grup. Memang siapa yang tidak tergiur dengan hadiah menarik hanya ditebus bermodalkan cukup mengisi data dan membagikan info ke berbagai grup komunitas.


Pesan-pesan seperti di atas biasanya mengiming-imingi hadiah yang sifatnya gratisan (free gift). Untuk mendapatkannya penerima pesan harus mengklik tautan (link) tertentu yang sudah tersedia. Kemudian diminta mengisi data dan memenuhi syarat tertentu. Salah satu syarat biasanya penerima pesan harus menyebarkan pesan tersebut ke beberapa grup komunitas yang diikuti, umumnya grup WA karena ini yang sedang populer.

Ujung dari petualangan si penerima pesan bisa berupa adanya permintaan uang, bobolnya rekening atau diaksesnya seluruh data si penerima pesan bahkan tidak jarang dengan data seluruh anggota grup yang dikirimi pesan berantai. Data ini oleh si pelaku kejahatan biasanya akan dimanfaatkan untuk kejahatan siber atau dijual ke pihak lain. Sehingga jangan heran kalau kita seringkali menerima aneka penawaran promosi dari berbagai pihak ke nomor kita padahal kita tidak pernah bertukar nomor sebelumnya. Yang lagi tren, data kita dimanfaatkan untuk pinjaman online kepada pihak lain. 

Ketika menerima pesan seperti itu, langkah bijak selalu cek dan recek. Minimal manfaatkan google untuk mengecek kebenaran info tersebut. Bisa juga kita langsung cek melalui laman Keminfo RI.


Untuk itu kewaspadaan harus selalu kita lakukan setiap kali menerima pesan berbau iming-iming hadiah. Jangan mudah tergiur dengan gratisan. Kenali ciri-cirinya. Perusahaan ternama biasanya kalau memberikan promo selalu menggunakan media massa terpercaya atau melalui laman resmi mereka sendiri. Biasakan juga untuk melihat tautannya. Kalau tautan itu tidak familiar lebih baik hindari untuk mengklik. Terakhir selalu gunakan akan sehat dan logika. "Mana ada perusahaan yang ingin rugi" kalimat itu yang selalu saya ingat. Tidak begitu saja mereka mau mengeluarkan uang untuk hal yang tidak jelas. Kalau pun promo tentunya harus ada imbal balik yang jelas. Semoga kita selalu berhati-hati dan tidak mudah tergiur dengan segala yang berbau gratisan. Saatnya kita meningkatkan lirerasi digital.