Kamis, 09 September 2021

Australia Tanah Harapan


Oleh : Yanuar Iwan

SMPN 1 Cipanas, Cianjur Jawa Barat


Australia adalah warna, benua yang hanya ditempati oleh satu negara memiliki keanekaragaman iklim dari utara, tengah, dan selatan. Keanekaragaman hayati dari kangguru, koala, dan kasuari, keanekaragaman etnis dari  Aborigin ( ras negroid ), orang-orang Eropa ( ras kaukasoid ) dan orang-orang Asia Timur ( Asiatic Mongoloid ).


Australia adalah tanah harapan bagi masyarakat Inggris abad 18, 19, dan awal abad ke 20, revolusi industri mengakibatkan masalah sosial di kota-kota besar Inggris seperti London, Manchester, dan Shiefield. Meningkatnya angka kejahatan membuat lembaga pemasyarakatan over kapasitas, hilangnya dua koloni Canada dan Amerika Serikat membuat ruang hidup _Britania_ menjadi terbatas, adalah Joseph Banks yang mengusulkan Australia dijadikan tanah "buangan" para kriminal dengan alasan tanah di Bothany Bay potensial dibuka menjadi pemukiman.


Misi Inggris pertama untuk membuka "ruang hidup" dipimpin Kapten Arthur Philip dengan 717 orang, mereka membuka Port Jackson yang kemudian menjadi Sydney dan daerah sekitarnya disebut New South Wales.


Kolonisasi berkembang, orang-orang kriminal segera berubah menjadi para pekerja dengan  tanah sekitar 15 h.a. mereka berubah menjadi petani handal. Pembentukkan New South Wales Corps ( Korps Tentara ) dan Arthur Philip menjadi gubernur pertama New South Wales memperkokoh posisi kelompok elit oligarkhi dengan akses kekuasaan besar, politik, ekonomi dan sosial.


Kaum pendatang warga Inggris yang ingin mengadu nasib di tanah harapan baru ( _ The  Free Settlers_) harus menyewa tanah-tanah yang sudah dikuasai tentara dan para oligarkhi sipil, oligarkhi sipil menjelma menjadi orang-orang kaya dengan pengaruh sangat kuat dan mereka memperoleh legalisasi karena menjadi wakil Pemerintah Inggris di Australia.


Model oligarkhi yang dibangun John  MacArthur menjadi rujukkan koloni-koloni lain seperti Tasmania ( 1803 ), Queensland ( 1824 ), Victoria ( 1824 ), Australia Barat ( 1829 ), Australia Selatan ( 1826 ).


Kekuasaan cenderung korup, dan kekuasaan yang  absolut cenderung korup secara absolut. Quotes dari Lord Acton ( Sejarawan Inggris ) terbukti terjadi di New South Wales, perdagangan  rum ( sejenis minuman keras ) yang didatangkan dari Inggris benar-benar merusak kondisi mental tentara, sementara oligarkhi sipil yang dipimpin John Macarthur banyak terlibat skandal korupsi, pemerintahan di New South Wales dilanda ketidakpastian dan gangguan keamanan terjadi secara masif.


Pemerintah Inggris "gerah" dan segera mengangkat gubernur baru Lachlan Macquarie 1809 dengan pasukan _Scotland Highlanders_, Inggris berhasil menghancurkan kekuasaan Macarthur sekaligus  membubarkan New South Wales Corps.


Australia menjadi tanah harapan yang sungguh menjanjikan, kedatangan domba merino ( populer dengan wol dan dagingnya ) dari Afrika, hampir bersamaan dengan masuknya mesin-mesin industri produk revolusi industri, mesin wol dan mesin pendingin daging dengan cepat menjadikan peternakan domba menjadi primadona ekonomi di daratan Australia.


Hasrat kapitalisme mengakibatkan nafsu manusia tidak terkendali, perluasan peternakan domba ke daerah pedalaman membawa pertentangan, konflik, dan dendam antara para _Squatter_( orang yang melakukan ekspansi ke daerah pedalaman ) dengan  para petani terlebih dengan orang-orang Aborigin. Nafsu kapitalis mengakibatkan pertumpahan darah dan pembunuhan, prasangka yang diwarnai diskriminasi rasial membawa kerusakkan dan krisis kemanusiaan bagi masyarakat Aborigin, mereka menjadi kelas marginal di tanah airnya sendiri.


Sejarah pemerintahan Australia kuat dipengaruhi kemerdekaan Amerika Serikat 1776, demokrasi, kebebasan, dan persamaan menjadi rujukkan dan tujuan bersama walaupun secara ironis menjadi perlakuan standar ganda bagi penduduk asli.


Konvensi federal di Hobart 1897 memutuskan :

1. Negara-negara bagian ( daerah-daerah otonom ) akan digabungkan menjadi suatu federasi negara-negara seperti di Amerika Serikat.

2. Susunan pemerintahan Australia meniru sistem Inggris

3. Federasi negara-negara ini disebut _Commonwealth of Australia_

4. Status _Commonwealth of Australia_adalah dominion dalam British Commonwealth ( Januari 1901 Common wealth of Australia mulai diberlakukan )


Pemerintahan pusat  yang berkedudukan di Canberra memegang kekuasaan atas urusan luarnegeri, pertahanan dan keamanan, pajak dan imigrasi. Pada tahun 1867 orang-orang Freesettlers ( orang-orang yang datang dari Inggris untuk mengadu nasib ) mendorong proses penutupan deportasi para pelaku kriminal. Hingga kini Australia masih tetap menjadi bagian dari _British Commonwealth_ dan menjadi salah satu mitra terpenting Indonesia di kawasan Asia Pasifik.


Cipanas, 9 September, 2021 di perpustakaan.


Daftar bacaan : Soebantardjo, Ikhtisar Sejarah Asia  dan Australia, 1956.