Jumat, 03 September 2021

"Jadilah Guru yang Dirindukan, Bukan Dipinggirkan"

 

Muhammad Yusuf, M.Pd. saat membuka kehiatan
webinar seni Komunikasi Mengajar yang dirindukan Siswa di Kota Depok (3/9)

Depok. Socius.(3/9). "Jadilah guru yang dicintai, bukan dibenci. Jadilah guru dinantikan bukan dinapikan, Jadilah guru yang dirindukan bukan dipinggirkan dan Jadilah guru yang digugu dan ditiru" demikian pesan Muhammad Yusuf. M.Pd. ketika memberikan sambutan saat membuka kegiatan Webinar Seni Komunikasi Mengajar yang Dirindukan Siswa (3/9).

Sebelumnya, Kasi Kurikulum dan Penilaian Disdik Kota Depok ini yang hadir mewakili Kadisdik Kota Depok meminta peserta agar menggunakan materi yang diterima dalam kegiatan ini sebagai senjata untuk bertempur di medan pembelajaran.  Menurutnya, secanggih apapun senjata kembali pada man behind the gun-nya. Sehebat apapun materi yang diberikan tidak akan berarti jika tidak dimanfaatkan dengan baik dalam pembelajaran.

Sementara itu Erik Kurniawan, M.Pd. selaku ketua panitia kegiatan melaporkan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pengda FKGIPS Kota Depok dengan MGMP IPS Kota Depok. Diikuti tidak hanya oleh guru IPS Kota Depok, tetapi guru mapel lain dari berbagai jenjang dan guru dari luar Depok. Tercatat ada peserta dari Padangsidempuan, Tegal, Blitar, Tulungagung, Bandung, Bogor dan Bekasi.

Lelaki yang akrab disapa Gus Erik ini  berharap dalam kegiatan ini peserta webinar bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang baru, sehingga apa yang didapat dari webinar ini bisa disampaikan ke rekan-rekan guru di sekolahnya masing-masing. 

Selain itu menurut Ketua MGMP IPS Kota Depok  ini yang lebih penting materi ini dipraktekkan ke dalam kegiatan belajar mengajar di depan anak-anak, baik luring maupun daring.

Erik Kurniawan (Ketua Panitia), Iwa Koswara (Nara Sumber)
dan Enang Cuhendi (Moderator)

Kegiatan di Kota Depok ini merupakan rangkaian roadshow kegiatan Pelatihan Seni Komunikasi Mengajar yang Dirindukan Siswa sebagai program besar FKGIPS Nasional menyongsong pembelajaran tatap muka. 

Seperti di daerah-daerah sebelumnya antusiasme peserta nampak terlihat. Tampil sebagai nara sumber kegiatan adalah Drs. Iwa Koswara, M.Pd. dengan moderator Enang Cuhendi, S.Pd. MM.Pd. (EC-Socius 01)