Rabu, 19 Januari 2022

EXPO SCIPSA 2022 AJANG KREATIVITAS DAN LITERASI SMPN 1 CIPANAS

 


Oleh: Yanuar Iwan


Pameran adalah kegiatan pertunjukkan hasil karya yang berfungsi sebagai media dalam mengkomunikasikan ide atau gagasan penciptanya kepada orang lain. Karya-karya yang biasa ditampilkan dalam pameran adalah karya seni rupa, fotografi dan produk inovasi seperti teknologi komunikasi, teknologi elektronik, teknologi otomotif, dan pendidikan.

Kegiatan Expo Scipsa 10-13 Januari 2022 dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan di SMPN 1 Cipanas, menampilkan produk-produk hasil belajar siswa dan guru selama pandemi Covid-19, kegiatan pameran yang dipusatkan dalam stand-stand tersendiri sesuai mata pelajaran, diharapkan bisa memacu kreativitas siswa dan guru di masa pandemi Covid-19. Karya kreativ dan berpikir dinamis adalah bagian dari adaptasi seluruh komponen sekolah diera Revolusi Industri 4.0 dan bisa menjadi cerminan, masukkan bagi sekolah dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran bagi guru dan siswa, dalam kegiatan Expo Scipsa, sekolah menyediakan tempat, waktu, dan semua sarana yang dibutuhkan guru dan siswa untuk mewujudkan ide-ide kreativnya. Di stand IPS siswa dan orang tua/wali bisa berdiskusi dengan siswa-siswa penjaga stand, guru pembimbing, mengenai produk-produk hasil belajar siswa melalui proses unjuk kerja berupa proses dan tahapan aktivitas vulkanologi, Peristiwa Bendera di  Surabaya 19 September 1945. Ada kebahagiaan tersendiri dihati guru pembimbing ketika siswa bisa menjelaskan secara kronologis dan sistematis proses unjuk kerja tersebut, stand IPS juga menyediakan video hasil belajar siswa berupa sosio drama yang bisa didiskusikan secara langsung dan terbuka.

Kegiatan Expo Scipsa 2022 menjadi ajang kreativitas berliterasi, literasi baca tulis diwujudkan melalui proses diskusi, mengemukakan pikiran dan pendapat serta karya tulis siswa dan guru. Literasi digital diwujudkan melalui produk-produk video, literasi finansial diwujudkan  melalui kegiatan bazar kuliner dari produk-produk hasil karya siswa dan guru, literasi kebudayaan dan kewargaan diwujudkan melalui sinergi produk-produk seni kaligrafi Islam, model dan ragam bentuk batik karya siswa dan guru, literasi sains diwujudkan melalui karya ilmiah populer dan produk teknologi sederhana  dari siswa dan guru, literasi numerasi diwujudkan melalui demonstrasi matematika untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam konteks kehidupan sehari-hari. Kegiatan Expo Scipsa 2022 adalah bagian dari strategi untuk mendukung para siswa menemukan dan menentukan bakat mereka masing-masing, melalui bagian-bagian berbeda dari suatu unit dalam kelompok dan strategi ini akan efektif apabila didukung dengan kemampuan guru pembimbing dalam mengarahkan dan menentukan alur kinerja siswa dalam menghasilkan suatu produk selama satu semester atau dalam satu tahun pelajaran. Kegiatan Expo Scipsa 2022 membuat para siswa terlibat secara langsung dan aktiv dalam proses belajar, sehingga proses belajar bisa lebih bermakna dan bermanfaat dalam jangka panjang. Terimakasih kepada Kepala Sekolah SMPN 1 Cipanas, seluruh jajaran panitia Expo Scipsa 2022, Dewan Guru, dan seluruh siswa yang terlibat secara langsung dan tidak langsung dalam kegiatan Expo Scipsa 2022 atas kerjasama dan sinerginya, sampai jumpa tahun depan, dan penulis berharap ada stand buku-buku bermutu dan makin meningkatnya karya-karya siswa dan guru secara kuantitas maupun kualitas.


Cisarua, Bogor, 19 Januari 2022.