Minggu, 30 Januari 2022

LOMBA PENGIBARAN BENDERA AJANG PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

 

Oleh : Atjih Koerniasih

Guru SMP Negeri 1 Cipanas


Jujur saja. Saya tidak menyaksikan acara lomba yang tertera pada judul di atas.Lomba yang diadakan oleh SMP Negeri 1 Cipanas, Sabtu 29 Januari 2022.  Tempat di mana saya mengajar saat ini. 


Tulisan ini begitu saja hadir. Saat setelah  saya menyaksikan parade foto dan juga Video  pasukan lomba pengibar bendera di status WA beberapa rekan guru dan juga beberapa siswa. Satu diantara foto yang saya lihat tersebut ada yang   khusus saya minta. Yaitu,   foto milik rekan sesama guru Dery Supriadi Sekaligus meminta ijin untuk saya pakai capture tulisan saya ini. 


Apa menariknya dari lomba ini. Sehingga saya meluangkan waktu untuk menuliskannya?. Jawabannya adalah  karena kegiatan ini menurut hemat penulis dapat menjadi ajang pembentukan Profil  Pelajar Pancasila sebagaimana tertuang dalam Permendikbud No 22 Tahun 2020. 


Permendikbud tersebut menyatakan bahwa Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

 https://apps.detik.com/detik/


Ada enam profil pelajar Pancasila yang dimaksud Permendikbud tersebut. (1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, (2) Berkebhinekaan Global, (3) Gotong Royong, (4) Mandiri, (5) Bernalar Kritis, (6) Kreatif. 


Berdasarkan enam profil pelajar pancasila tersebut, kegiatan lomba pengibaran  bendera tersebut bisa menjadi salah satu dari sekian banyak kegiatan  sekolah dalam membentuk  para siswanya  agar memiliki karakter yang merujuk kepada profil tersebut. 


Sebagai  contoh saat mereka berlatih untuk menjadi kelas yang terbaik dalam kompetisi tersebut tentunya mereka berusaha keras untuk bergotong royong. Karena kegiatan ini,  tentunya harus dilaksanakan secara bersama. Namun di sisi lainpun, sikap mandiri  merekapun terbentuk. Bagaimana secara mandiri mereka harus mendisiplin diri untuk tekun berlatih, tepat waktu dan menyiapkan segala hal yang harus dipersiapkan. 


Bagaimana dengan profil kreatif munculkah ? Tentu saja mudah kita lihat. Beragam pakaian seragam tampil mengagumkan. Tiap kelas menampilkan ciri seragamnya masing masing.. tentu itu buah dari kreatifitas mereka yang didorong untuk tampil sebaik baiknya. 


Saling asah, saling asuh juga tercipta dalam kegiatan persiapan menuju lomba. Mereka setiap hari mendapat bimbingan latihan dari kakak kelasnya. Adik kelasnya begitu patuh mengikuti petunjuk. Sementara kakak kelasnya dengan sabar dan "telaten" memberikan pelatihan, tanpa hiraukan panasnya matahari. Yang jelas satu tekad kelompok adik bimbingannnya muncul sebagai pengibar bendera terbaik. 


Sebenarnya,  banyak hal yang bisa kita telaah dari kegiatan lomba pengibaran bendera ini dampaknya untuk penguatan profil pelajar Pancasila. Namun rasanya,  dari contoh di atas cukup untuk menunjukan, bahwa kegiatan semacam ini bagus dan perlu untuk selalu diagendakan oleh sekolah. Tepatnya oleh standar kelulusan sebagai program tahunannya.


 Walaupun memang lomba pengibaran bendera bukan satu satunya kegiatan yang dapat membentuk profil pelajar pancasila. Masih banyak lainnnya. Seperti pameran, kegiatan ekstrakulikuler dan lainnnya..Atau dalam kegiatan pembelajaran pelajaran di kelas ada berdiskusi, ada pekerjaan kelompok,  ada kegiatan lainnnya. Dan sebagainnya..