Rabu, 09 Maret 2022

MELUKIS IMAJI MELALUI POJOK LITERASI KELAS


 

Oleh Elisya Sovia, S.Pd.,Gr

Guru SMA N 1 Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan

 

Berjalan mengitari ruang kelas di SMAN 1 Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan kita akan menemukan sudut ruang yang nyaman bagi peserta didik untuk berkumpul dan bersenda gurau di waktu senggang sembari menambah wawasan melalui keberadaan Pojok Literasi Kelas. Keberadaan Pojok Literasi ini tidak terlepas dari program Kepala SMA N 1 Pasie Raja, Bapak Mistaruddin, S,Ag serta Tim GLS (gerakan literasi sekolah)  yang diketuai oleh Elisya Sovia, S,Pd.,Gr dalam mewujudkan ruang kelas yang nyaman dan peserta didik yang “CERDAS”, Creatif, Educatif, Religius, Disiplin, Amanah dan Santun, sesuai dengan motto SMA ini. Pembuatan Pojok Literasi ini dilakukan oleh Wali Kelas dan peserta didik dengan tema yang mereka sepakati bersama.  Hal yang menarik di dalam pembuatan pojok literasi adalah antusias peserta didik dalam mewujudkan tema impian serta kerjasama dan kekeluargaan yang tercipta dalam pengerjaannya yang sebelumnya sempat beberapa lama dilanda pandemi yang mengharuskan belajar secara Online/ PJJ. Begitu banyak tema  dan desain yang dihadirkan dengan berbagai filosofi  yang ditawarkan sebagai keunikan kelas masing-masing.

Desain yang dihadirkan merupakan bentuk pemahaman peserta didik tentang Pojok Literasi dan jurusan masing-masing. Berdasarkan kunjungan ke setiap kelas, beberapa pernyataan menarik  peserta didik mengenai pemilihan tema kelas, diantaranya kelas XII.IPA-1 disaat tim menanyakan tema yang mereka ambil yaitu luar angkasa/ Antariksa maka muncullah pernyataan bahwa pojok literasi mampu memberikan ilmu dan wawasan sehingga dengan demikian kita bisa menggapai tujuan, selain itu kelas X.IPS-2 menghadirkan desain pintu / gerbang yang melambangkan bahwa pjok literasi yang memuat berbagai buku adalah gerbang untuk mencapai ilmu dan wawasan yang luas dan kelas XII.IPS-2 membuat lukisan Pohon dengan Filosofi “ AlAM “ (Asyik, Loyalitas, Aktif dan Mahir) sebuah pengharapan untuk terwujudnya kelas yang nyaman, aktif dan gembira disaat belajar.



Dokumentasi Pojok Literasi Kelas SMA N 1 Pasie Raja

            Disaat kunjungannya, Pengawas Pembina Drs, Merah Alaidinsyah sangat mengapresiasi  keberadaan Pojok Literasi tersebut,” Dari sesuatu yang tidak ada, menjadi ada itu sungguh hal yang luar biasa” begitu kata beliau. Hal ini bukan tanpa sebab karena sebelumnya tidak pernah sekolah ini memiliki Pojok Literasi Kelas, hal ini disebabkan karena selain PJJ tetapi juga belum adanya kebijakan kepala sekolah sebelumnya tentang pembuatan pojok literasi ini, namun bisa diwujudkan dengan kerjasama yang baik dalam jangka waktu 2 minggu. Selain itu, melalui tanya jawab yang dilakukan dengan peserta didik  beliau berpesan untuk bisa menggunakan pojok ini semestinya, kelengkapan buku tamu dan buku pinjaman dan membuat peraturan khusus sehingga keberadaan  pojok tersebut bisa berlangsung lama dan tidak ada penyalahgunaan seperti tempat tidur siang.


Dokumentasi Pengawas Pembina ( Drs. Merah Alaidinsyah) 

memberikan masukan kepada Wali Kelas dan Peserta didik

           Disamping itu, untuk meningkatkan semangat membaca, kreativitas dan inovatif serta kemandirian peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakatnya melalui literasi serta keberlangsungan keberadaan Pojok Literasi Kelas,  Kepala SMA N 1 Pasie Raja, Mistaruddin, S.Ag berinisiatif melakukan perlomban Pojok Literasi Kelas yang dilakukan penilaiannya sebulan sekali dengan pemberian Piala Bergilir. Beliau berharap dengan adanya perlombaan ini bisa menjadi momentum bagi peserta didik untuk menjadikan sekolah terutama ruang kelas sebagai rumah kedua sehingga mampu menghadirkan rasa kepemilikan dan cinta yang tinggi terhadap sekolah dan terwujudnya rasa kepedulian antara guru dan peserta didik. Bapak Mistaruddin juga menekankan pentingnya Pojok literasi sebagai langkah awal terciptanya gerakan literasi sekolah di SMA N 1 Pasie Raja yang nantinya akan dikembangkan dalam berbagai program-program peningkatan minat baca dan menulis yang sudah mulai dirintis oleh beberapa guru di sekolah, salah satu agenda yang akan dilakukan adalah program “SASISAKA” ( satu siswa satu karya)

Untuk penilaiannya dirancang oleh Wakabid. Kurikulum sebagai ketua pelaksana kegiatan perlombaan, Bapak Fardi, S.Pd.,Gr. Adapun yang menjadi penilaian dari Pojok Literasi Kelas adalah kenyamanan pembaca, konten (berupa buku bacaan yang disajukan  serta kreativitas dalam penyusunan buku), pencahayaan serta dekorasi yang sesuai dengan tema. Melalui Penilaian Pengawas, Kepala Sekolah, Wakabid Kesiswaan, Kepala Tata Usaha, dan  Tim GLS, maka juara 1 Lomba Pojok Literasi Bulan Februari 2022 diperoleh oleh kelas X. MIPA-1, XII.MIPA-1 dan XII.IPS-1.


Dokumentasi penyerahan Piala dan Hadiah oleh Kepala Sekolah dan tim GLS

 



     

    Dokumentasi Pojok Literasi kelas  Terbaik

 

Refleksi yang sangat menarik dan pengalaman yang berharga dengan keberadaan Pojok Literasi ini  adalah mampu menghadirkan suasana baru dalam memandang keberadaaan peserta didik terkhusus berhubungan dengan minat dan bakat. Begitu banyak muncul peserta didik dengan bakat yang sebelumnya tidak diketahui oleh guru nya karena peserta didik yang terkadang masih memiliki sifat yang pemalu dan merasa minder. Hal ini bukan hanya menjadi pencapaian yang baik bagi kami SMA N 1 Pasie Raja dalam mewujudkan program literasi sekolah namun PR bagi kita semua sebagai guru kita harus mampu dalam memetakan profil belajar peserta didik kita demi terwujudnya pembelajaran yang bermakna bagi seluruh peserta didik kita. Besar harapan, Pojok Literasi Kelas ini mampu menjadi momentum bagi peserta didik kami lebih berkreasi di masa yang akan datang dengan lebih banyak karya mereka yang diletakkan disetiap rak-rak buku yang telah disediakan.